Info Teori Jembatan Timbang : Pengertian & Cara Kerja

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Info Teori Jembatan Timbang : Pengertian & Cara Kerja

Jembatan Timbang 0
info teori pengertian dan cara kerja jembatan timbang

Berikut beberapa info teori pengertian dan cara kerja jembatan timbang. Sedangkan untuk informasi jembatan timbang no.1 di Indonesia, hubungi (021)89140679 atau 0821 3963 0089. Anda juga dapat melihat info harga dan berbagai spesifikasi timbangan truk kami di website ini.

TEORI PENGERTIAN JEMBATAN TIMBANG

pengertian jembatan timbang

Jembatan timbang, juga dikenal dengan nama timbangan truk, adalah alat berat yang didesain secara khusus untuk menimbang kendaraan industri besar beserta muatannya. Timbangan ini biasanya digunakan untuk tujuan komersial dan transportasi.

Jembatan timbang merupakan serangkaian perangkat timbangan yang dipasang pada permukaan beton. Timbangan ini disertai dengan alat monitor digital yang dapat menampilkan nilai berat kendaraan yang sedang ditimbang. Timbangan truk terutama digunakan untuk menimbang kendaraan besar seperti truk atau kontainer di mana perpindahan barang dilakukan melalui kendaraan tersebut. Menggunakan timbangan yang akurat dan dapat diandalkan membantu pemilik timbangan dengan memberikan angka yang tepat mengenai produk yang keluar masuk pabrik atau perusahaan.

Keakuratan sistem jembatan timbang sangat penting. Penimbangan yang tidak akurat, dimana hasil nilai penimbangan terlalu ringan atau terlalu berat, dapat menyebabkan kehilangan profit, kehilangan pelanggan, bahkan dapat terjerat masalah hukum. Karena itu, jembatan timbang harus dapat mempertahankan akurasi dalam jangka panjang. Timbangan ini harus didesain agar dapat mencapai level keakuratan tinggi dan dapat diandalkan dalam jangka panjang meskipun terpasang pada kondisi dan lingkungan kerja yang paling sulit sekalipun.

INFO PERANGKAT UTAMA JEMBATAN TIMBANG

perangkat utama jembatan timbang

Terdapat lima perangkat utama di jembatan timbang yang harus diperhatikan agar kinerja timbangan truk berjalan dengan baik. Lima perangkat utama tersebut adalah:

  1. Pondasi
    Pondasi jembatan timbang sangat penting terutama bagi mereka yang menggunakan timbangan truk permanen.
  2. Platform Timbangan
    Platform jembatan timbang harus terbuat dari baja dan merupakan permukaan di mana truk akan lalu lalang.
  3. Load Cell
    Komponen utama agar jembatan timbang dapat melakukan proses penimbangan adalah load cell. Load cell merupakan alat tranduser yang dapat mengubah daya berat menjadi daya listrik yang dapat diukur sehingga dapat ditampilkan secara numerik.
  4. Indikator
    Indikator menampilkan nilai berat kendaraan dari hasil pengubahan load cell kepada operator jembatan timbang.
  5. Kabel
    Sinyal hasil penimbangan dari load cell harus diteruskan ke indikator. Pengiriman sinyal ini dilakukan menggunakan kabel.

TEORI CARA KERJA JEMBATAN TIMBANG

cara kerja jembatan timbang

Cara kerja jembatan timbang secara umum adalah sebagai berikut. Pertama-tama, permukaan platform baja dipasang di atas beberapa load cell. Masing-masing load cell ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti baja dengan satu atau lebih pengukur regangan yang terdapat di dalamnya. Pengukur regangan tersebut terdiri dari jaringan kawat yang dapat mengirimkan arus listrik ringan.

Ketika load cell tersebut dibebani oleh suatu daya berat, maka jaringan kawat pada pengukur regangan load cell menjadi tertekan. Perubahan pada jaringan kawat tersebut menghasilkan perbedaan dalam arus listrik yang sedang melewati load cell. Perbedaan arus listrik tersebut menjadi sinyal yang dikirimkan dari load cell.

Sinyal dari setiap load cell dikirimkan ke kotak persimpangan atau junction box. Kotak persimpangan ini akan menggabungkan sinyal dari beberapa load cell dan kemudian mengirimkan sinyal yang telah dijumlahkan ke indikator jembatan timbang. Indikator kemudian mengubah sinyal dari kotak persimpangan tersebut menjadi sinyal digital sehingga nilai numerik penimbangan dapat muncul pada layar LED indikator.

INFO PROSEDUR PENIMBANGAN MENGGUNAKAN JEMBATAN TIMBANG

prosedur penimbangan menggunakan jembatan timbang

Jembatan timbang digunakan untuk menimbang kendaraan supaya memastikan agar kendaraan tersebut tidak kelebihan beban sebelum melakukan perjalanan di jalan umum. Timbangan truk juga digunakan untuk menentukan total berat muatan yang dibawa oleh kendaraan yang keluar masuk pabrik atau perusahaan. Prosedur penimbangan kendaraan dan atau beserta muatannya cukup sederhana, yaitu:

  1. Instruksikan pengemudi untuk mendekati jembatan timbang secara perlahan dan memasuki platform timbangan tanpa memutar atau mengerem dengan keras dan mendadak.
  2. Pastikan keseluruhan kendaraan benar-benar berada di atas platform timbangan. Pastikan tidak ada ban yang menyentuh apa pun selain permukaan platform, karena hal ini dapat menghasilkan nilai penimbangan yang tidak akurat.
  3. Pada prosedur penimbangan untuk transaksi perdagangan dan finansial, minta pengemudi dan penumpang untuk keluar dari kendaraan dan dari timbangan. Sedangkan pada prosedur penegakan hukum peraturan jalan, pengemudi mungkin dapat tetap berada di dalam kendaraan tergantung prosedur yang berlaku.
  4. Timbang kendaraan dengan muatan atau tanpa muatan yang masuk ke lokasi. Catat nilai berat kendaraan tersebut pada dokumen pengukuran segera setelah selesai dilakukan penimbangan.
  5. Timbang kembali kendaraan yang sama tersebut ketika akan meninggalkan lokasi, timbang kendaraan dengan muatan atau tanpa muatan. Pastikan nilai penimbangan dimasukkan pada dokumen pengukuran segera setelah selesai dilakukan penimbangan.
  6. Untuk mendapatkan nilai berat bersih, hitung selisih berat kendaraan saat masuk lokasi dengan berat kendaraan saat keluar lokasi. Catat nilai berat bersih tersebut pada dokumen pengukuran.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKURATAN JEMBATAN TIMBANG

faktor yang mempengaruhi keakuratan jembatan timbang

Pada umumnya, terdapat empat faktor yang sangat mempengaruhi keakuratan sistem jembatan timbang anda. Apabila anda merasa timbangan truk anda tidak menghasilkan nilai penimbangan yang akurat, anda mungkin perlu mempertimbangkan empat faktor berikut:

  1. Faktor Load Cell
    Load cell merupakan perangkat penimbangan utama sistem timbangan truk dan load cell yang tidak berfungsi dengan benar akan menghasilkan nilai berat yang tidak akurat. Load cell memiliki batas beban maksimum, sehingga apabila load cell digunakan untuk mengukur besar beban yang memiliki berat yang melebihi batas beban maksimum tersebut, maka akurasi hasil penimbangan akan terganggu. Kualitas load cell itu sendiri juga menentukan tingkat keakuratan penimbangan. Pilih dan gunakan jembatan timbang yang menggunakan load cell dengan merk yang baik atau ternama.
  2. Faktor Penimbangan
    Seringkali ketidak akuratan dalam hasil penimbangan diakibatkan dari proses penimbangan itu sendiri yang tidak benar. Contohnya seperti kendaraan di atas platform timbangan yang tidak terposisi dengan benar. Pastikan kendaraan memasuki platform timbangan secara perlahan tanpa melakukan pengereman mendadak dan pastikan agar kendaraan berada di tengah-tengah platform timbangan, dan roda tidak menyentuh sisi timbangan.
  3. Faktor Lingkungan
    Berbagai faktor lingkungan dapat mempengaruhi keakuratan timbangan truk anda dengan cara memberikan daya tambahan kepada timbangan atau load cell.Misalnya seperti angin kencang, getaran, gangguan arus listrik, hingga kebersihan timbangan.
  4. Faktor Gangguan Sinyal
    Cara kerja load cell adalah dengan mengirim sinyal listrik ke indikator. Apabila terjadi gangguan pada sinyal tersebut, maka nilai beban yang salah dapat tertera pada indikator. Beberapa hal yang dapat mengganggu sinyal load cell tersebut antara lain seperti sinyal televisi analog, sinyal radio, kelembapan pada kabel, perubahan temperatur, dan sebagainya.

Sekian beberapa info teori pengertian dan cara kerja jembatan timbang. Untuk mendapatkan jembatan timbang terbaik di Indonesia yang dijamin tidak akan membuat anda kecewa, hubungi Jembatan Timbang Gewinn sekarang juga. Kami menyediakan konsultasi gratis untuk anda. Dan apabila dirasa perlu, kami dapat mengirimkan petugas lapangan kami untuk langsung bertatap muka dengan anda.

5/5 (2)

Rate This Post

 

 

Informasi harga jembatan timbang

 

Don`t copy text!