Jasa Tera Ulang Jembatan Timbang Kalibrasi Timbangan Truk

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Jasa Tera Ulang Jembatan Timbang Kalibrasi Timbangan Truk

Jembatan Timbang 0
jasa tera ulang jembatan timbang dan kalibrasi timbangan truk

Jasa tera ulang jembatan timbang dan kalibrasi timbangan truk. Petugas lapangan terlatih dan berpengalaman. Info lengkap, hubungi (021) 8914 0689. HP/WA/SMS 0812 9704 0289.

Menggunakan jasa tera ulang jembatan timbang dan kalibrasi timbangan truk secara reguler merupakan suatu keharusan bagi para pemilik jembatan timbang. Hal ini dikarenakan akurasi timbangan truck dapat memberikan dampak yang cukup besar pada keberlangsungan operasional perusahaan.

Lalu mengapa anda harus rutin melakukan kalibrasi tera ulang jembatan timbang secara rutin ?

  1. Mengurangi Pemborosan
    Dengan jembatan timbang yang akurat, maka anda dapat mencegah keluarnya produk yang berlebihan saat mengirimkan ke pasaran.
  2. Mematuhi Peraturan
    Pemerintah telah menentukan peraturan mengenai timbangan yang digunakan pada transaksi keuangan harus dikalibrasi untuk mendapatkan sertifikat tera ulang dari Badan Metrologi Indonesia.
  3. Kualitas Keamanan
    Mengkalibrasi timbangan anda secara rutin juga dapat sekaligus meningkatkan kualitas keamanan timbangan truck anda.
  4. Mempertahankan Tingkat Keakuratan
    Timbangan truk yang tidak akurat sangat tidak layak digunakan dalam perdagangan. Hanya dengan menggunakan jembatan timbang yang akurat, anda baru dapat menghasilkan profit yang maksimal.

Lalu mengapa pemerintah mewajibkan seluruh jembatan timbang terutama yang digunakan dalam kepentingan transaksi finansial untuk melakukan kalibrasi timbangan truk dan jasa tera ulang jembatan timbang ini ?

  1. Untuk menjamin keadilan sosial
  2. Untuk melindungi hak dan kepentingan seluruh lembaga masyarakat
  3. Untuk menjamin keselamatan dan keamanan
  4. Untuk meningkatkan mutu produk nasional
  5. Untuk menghemat penggunaan daya sumber alam, material dan energi
  6. Untuk melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan
  7. Untuk meningkatkan efisiensi pemerintahan
  8. Untuk menciptakan kondisi yang kondusif untuk pertukaran dan perdagangan internasional

Untuk memastikan point-point di atas berjalan secara factual maka pemerintah membuat tera ulang dan kalibrasi ulang jembatan timbang memiliki kekuatan hukum legal. dan seperti yang telah diatur dalam undang-undang di Indonesia, tertulis timbangan yang digunakan berkaitan dengan transaksi uang baik di dalam maupun di luar industri wajib melakukan tera timbangan dan tera ulang timbangan. Baik itu timbangan yang berasal dari dalam negeri maupun timbangan dari luar negeri. Berbagai alat ukur timbangan ini seringkali disebut dengan singkatan UTTP (Ukuran Takaran Timbang Dan Perlengkapannya).

Hal ini diatur dalam peraturan undang-undang karena jika alat ukur timbangan atau UTTP, yang belum menerima tera timbangan, menghasilkan data timbangan yang terlalu berat maka akan merugikan konsumen, dan sebaliknya jika alat ukur menghasilkan data penimbangan yang terlalu ringan maka produsen yang akan merugi. Mungkin selisih berat tersebut hanya sedikit. Namun jika timbangan tersebut digunakan untuk ratusan hingga ribuan transaksi maka total kerugian dapat menjadi sangat merugikan.

Karena itu kalibrasi tera ulang timbangan truk memiliki beberapa dasar hukum sebagai berikut:

  1. UU No.2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal
  2. UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
  3. UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah
  4. UU No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan
  5. PP No.2 Tahun 1985 tentang Wajib dan Pembebasan untuk ditera dan ditera ulang serta syarat-syarat bagi alat UTTP.
  6. PP No.25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Pemerintah Propinsi sebagai Daerah Otonom
  7. Kepmen Perindag No. 61/MPP/Kep/2/1998 jo Kepmen Perindag No. 251/MPP/Kep/6/1999 tentang Perubahan Kepmen Perindag No. 61/MPP/2/1998 tentang Penyelenggaraan Kemetrologian.
  8. Kepmen Perindag No.731/MPP/Kep/10/2002 tentang Pengelolaan Kemetrologian dan Pengelolaan Laboratorium Kemetrologian.
  9. Perda No.1 Tahun 2011, tentang Retribusi Jasa Umum.
  10. Peraturan Gubernur No. 33 Tahun 2011, tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemungutan Retribusi Pelayanan Tera dan Tera Ulang Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya.
  11. Permendag No.50/M-DAG/PER/10/2009, Tentang Unit Kerja dan Unit Pelaksana Teknis Metrologi Legal.

 

Jasa Tera Ulang Jembatan Timbang Dan kalibrasi Timbangan Truk Terbaik

Jembatan Timbang Gewinn menyediakan jasa tera ulang jembatan timbang dan kalibrasi timbangan truk untuk segala model dan merk. Kami mampu mengkalibrasi berbagai macam timbangan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Petugas teknisi lapangan kami telah terlatih dan berpengalaman selama bertahun-tahun dalam melayani permintaan kalibrasi dan tera ulang berbagai macam timbangan truck. Jasa tera ulang timbangan truk dan kalibrasi jembatan timbang kami dijamin dapat memberikan anda sertifikat tera ulang dari Badan Metrologi Indonesia.

Perbedaan Tera Ulang Dan kalibrasi Ulang

Ya, tera ulang dan kalibrasi ulang memiliki pengertian yang berbeda. Seringkali kita menyamakan kedua istilah tersebut sebagai hal yang sama, namun sebenarnya kalibrasi ulang dan tera ulang memiliki pengertian yang berbeda.

Pengertian kalibrasi ulang yaitu suatu proses kegiatan dalam menentukan ketepatan suatu alat ukur dan membandingkannya dengan standar yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

Jadi kalibrasi adalah proses pengujian dan pengkondisian alat ukur. Proses ini dimulai dari pengindentifikasian alat ukur (misalnya timbangan truk), pengecekan apakan timbangan tersebut dapat dikalibrasi, jika dapat dikalibrasi maka selanjutnya akan dilakukan pengkondisisan alat ukur hingga sesuai standar, dan terakhir dilakukan penghitungan data untuk memeriksa apakah timbangan yang telah dikalibrasi tersebut benar-menar telah memenuhi standar ukuran.

Pengertian Tera adalah kegiatan pemberian tanda atau sertifikat Tera Sah atau Tera Batal kepada alat ukur yang dilakukan pengujian.

Pemberian tanda tera ulang ini dilakukan oleh petugas yang memiliki kewenangan berdasarkan dari hasil pengujian timbangan apakah sudah memenuhi standar berdasarkan ketentuan yang berlaku.

 

Cara Kerja Dan Proses Jasa Tera Ulang Jembatan Timbang

  1. Lakukan pendaftaran sertifikat tera ulang
  2. Lakukan proses kalibrasi ulang menggunakan jasa tera ulang jembatan timbang
  3. Badan Metrologi Indonesia akan melakukan pengujian
  4. Badan Metrologi Indonesia memutuskan pemberian Tera sah atau Tera Batal

Kami akan memberikan penjelasan sekilas mengenai cara kerja dan proses kalibrasi dan tera ulang timbangan truck pada point diatas.

Prosesnya sendiri pada umumnya dimulai dari pemilik timbangan truck melakukan pendaftaran untuk mendapatkan sertifikat tera. Kemudian pemilik timbangan truck melakukan proses kalibrasi ulang, dimana kemudian diuji kembali oleh pihak berwenang. Pengujian dapat dilakukan di kantor atau lokasi yang ditetapkan Badan Metrologi Indonesia, atau dilakukan dimana timbangan truck berlokasi, terutama jika timbangan truck terlalu besar, berat, atau tidak dapat dipindahkan seperti jembatan timbang permanen.

Jika pengujian membuktikan bahwa timbangan tersebut tidak memenuhi syarat, maka dilihat terlebih dahulu penyebabnya. Jika alat ukur tersebut tidak dapat dikalibrasi ulang atau diperbaiki maka timbangan akan mendapatkan Tera Batal. Namun jika timbangan masih dapat dikalibrasi atau diperbaiki, maka setelah melalui proses kalibrasi, alat ukur akan diuji ulang kembali.

Jika hasil pengujian membuktikan alat ukur memenuhi persyaratan, maka akan diberikan Tera Sah. Dimana setelah dilakukan pembayaran biaya tera, pada mesin timbangan akan ditempelkan tanda tera ulang sah.

Kapan Kita Harus Melakukan Kalibrasi Tera Ulang Timbangan Truk ?

Tera ulang harus dilakukan setidaknya sekali setiap tahun. Jadi kalibrasi ulang timbangan truk harus dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun, dan harus terus dilakukan secara rutin selama jembatan timbang masih digunakan.

Namun juga harus diperhatikan, bahwa meskipun kalibrasi timbangan truck harus dilakukan secara rutin, namun ada juga beberapa situasi dimana anda sebaiknya melakukan kalibrasi ulang timbangan truk di luar jadwal rutin.

Lakukan Kalibrasi Ulang Timbangan Truck Di Luar Rutinitas Apabila:

  • Indikator timbangan truck anda rusak dan harus diganti indikator baru.
  • Junction box anda rusak sehingga harus diganti atau diperbaiki.
  • Anda baru saja mengganti load cell pada jembatan timbang anda.
  • Timbangan truk anda gagal uji dan Badan Metrologi tidak memberikan sertifikat tera ulang.

Karena itu sangat penting bagi anda untuk dapat memanggil petugas service jasa tera dan kalibrasi timbangan truk yang dapat dipanggil kapan saja dan dimana saja.

 

Jasa service tera ulang jembatan timbang, jasa kalibrasi ulang timbangan truk. Dimana saja, kapan saja, bekerjasama dengan badan metrologi Indonesia.

Tera ulang jembatan timbang merupakan proses untuk memastikan alat dan perlengkapan penimbangan untuk kegunaan komersial sah dan legal untuk digunakan. Peraturan ini ini merupakan salah satu upaya perlindungan dari pemerintah kepada konsumen di Indonesia dalam menaikkan kredibilitas produsen dan service untuk konsumen.

Jembatan Timbang Gewinn menyediakan servis pelayanan jasa kalibrasi ulang jembatan timbang untuk membantu perusahaan di berbagai sektor industri dan bisnis usaha dalam upaya menaikkan kredibilitas di mata konsumen.

Kami menyediakan layanan jasa kalibrasi ulang timbangan truk, jasa kalibrasi ulang jembatan timbang dan jasa kalibrasi ulang timbangan digital lainnya. Service kami dapat mencakup berbagai macam jenis timbangan digital dan alat ukur, seperti jembatan timbang, timbangan truk, timbangan duduk, timbangan lantai, timbangan checkweigher, dan masih banyak lagi.

Sebagai perusahaan manufaktur jual jembatan timbang, kami menggunakan teknisi ahli specialist berpengalaman yang sudah terbiasa bekerjasama dengan petugas lapangan dari badan metrologi Indonesia untuk mengkalibrasi ulang jembatan timbang, kemudian ditest oleh petugas metrologi untuk memenuhi kebutuhan legal timbangan.

Kami juga menyediakan jasa service jembatan timbang dan jasa perbaikan timbangan truk untuk segala merk yang terjamin, cepat, dan memuaskan.

Bagi anda yang mencari jasa tera ulang jembatan timbang dan kalibrasi timbangan truk yang terpercaya dan profesional untuk mendapatkan sertifikat tera ulang, maka anda telah datang di tempat yang tepat. Jika anda membutuhkan service kami atau hanya sekadar untuk mendapatkan konsultasi gratis mengenai jasa tera dan kalibrasi timbangan truk kami, anda dapat menghubungi kami melalui sarana kontak yang telah kami sediakan di website ini. Atau hubungi (021) 8914 0689. HP/WA/SMS 0812 9704 0289.

Please Share This Post
4.72/5 (25)

Rate This Post

 

Informasi harga jembatan timbang

error: Content is protected !!