Tips Merawat Jembatan Timbang Anda Agar Kuat Tahan Lama

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Tips Merawat Jembatan Timbang Anda Agar Kuat Tahan Lama

Jembatan Timbang 0
tips merawat dan membersihkan jembatan timbang dan timbangan truk

Jembatan Timbang Gewinn secara umum mampu digunakan selama bertahun-tahun lamanya, tergantung penggunaan. Namun umur jembatan timbang dapat anda perpanjang apabila anda rutin merawat dan melakukan maintenance jembatan timbang secara rutin.

Dengan melakukan perawatan dan pembersihan jembatan timbang dalam interval waktu reguler dapat membantu anda dalam mempertahankan performa jembatan timbang dan mengurangi resiko terjadinya kerusakan yang dapat berakibat buruk pada performa bisnis anda.

Untuk membantu anda dalam mempertahankan performa dan memperpanjang umur jembatan timbang anda, kami memberikan beberapa tips dan saran yang dapat anda praktikkan sekarang juga.

Lakukan Pemeriksaan Harian

Pemeriksaan harian cukup mudah, hanya dengan melihat bagian bawah jembatan timbang anda apakah terdapat tumpukan kotoran atau lumpur yang dapat menganggu performa timbangan anda.

Pastikan semua load cell di timbangan truk anda sama sekali tidak terganggu oleh lumpur dan kotoran lainnya.

Lakukan Pemeriksaan Mingguan

Lakukan uji coba test penimbangan rutin sekali setiap minggu. Caranya dengan menimbang kendaraan pertama-tama di satu ujung sisi timbangan, kemudian di ujung sisi lainnya, dan di area tengah timbangan.

Kemudian analisa data hasil penimbangan tersebut, apakah terdapat perbedaan data yang sangat mencolok diantara ketiga data penimbangan tersebut. Perbedaan yang sangat kecil biasanya normal, namun apabila perbedaan nilai timbangan sangat besar, ada kemungkinan anda harus memanggil jasa service jembatan timbang terpercaya anda.

Lakukan Pemeriksaan Bulanan

Lakukan test penimbangan seperti pada pemeriksaan mingguan, dan ukur posisi platform timbangan truck anda apakah ada pergeseran posisi.

Siram dan bersihkan platform jembatan timbang anda menggunakan siraman air kencang atau jet washer untuk menyingkirkan berbagai macam kotoran yang menempel pada platform timbangan.

Namun hati hati dan hindari penyiraman langsung ke load cell. Juga jangan sampai ada air yang masuk ke dalam junction box yang terpasang di timbangan truk.

Jika anda merasa ragu, hubungi teknisi profesional jembatan timbang untuk menghindari kerusakan yang dapat terjadi.

Memperpanjang Umur Jembatan Timbang Anda

Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai jembatan timbang anda dapat membantu anda dalam mengetahui masalah-masalah kecil dan segera mengatasinya, sebelum masalah kecil tersebut menjadi sebuah kerusakan besar.

Karena itu, pastikan anda mengetahui bagaimana timbangan truk anda berfungsi, dan bagian mana saja yang memiliki kemungkinan rusak atau tidak berfungsi.

Selain itu, kontrol arus trafik truk atau kendaraan lainnya yang melewati jembatan timbang anda. Apabila setiap kendaraan berat memasuki timbangan dengan kecepatan yang berbeda-beda dan melakukan pengereman mendadak, pada akhirnya akan membuat perangkat jembatan timbang anda melemah.

Hal ini dapat diatasi dengan menambahkan fitur palang keluar masuk kendaraan atau lampu lalu lintas maju berhenti. Dan pastikan kendaraan berhenti secara perlahan dan berhenti secara total sebelum mulai bergerak kembali.

Dengan perawatan jembatan timbang secara rutin, anda dapat mempertahankan akurasi keandalan timbangan anda dan mengurangi jumlah panggilan anda ke ahli teknisi jembatan timbang anda.

 

Rate This Post

 

 

Informasi harga jembatan timbang

 

Don`t copy text!