Apakah Perusahaan Saya Butuh Jembatan Timbang ?

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Apakah Perusahaan Saya Butuh Jembatan Timbang ?

Info 0

Tergantung dari jenis bisnis usaha anda, jembatan timbang tidak hanya berfungsi sebagai alat penimbangan yang penting untuk operasional perusahaan, namun juga sebagai alat perlindungan hukum dari berbagai aturan dengan denda finansial.

Pemerintah sangat serius dalam menindak kendaraan yang memiliki nilai berat melebihi batas. Hal ini dikarenakan berat beban muatan yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam bahaya di jalan raya.

Karena itu, memiliki investasi jangka panjang dalam bentuk jembatan timbang dapat memberikan manfaat yang sangat menguntungkan dan juga mengurangi resiko akan adanya pengeluaran biaya yang tidak perlu akibat hukuman denda.

Ada beberapa faktor yang menentukan apakah jembatan timbang cocok untuk perusahaan anda. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum memutuskan apakah perusahaan anda membutuhkan jembatan timbang atau tidak.

Mematuhi Aturan Berat Yang Berlaku

Mengetahui berat total kendaraan angkut barang perusahaan anda dan mengetahui berapa batas berat maksimum kendaraan tersebut sangat penting artinya. Dengan mengetahui nilai-nilai berat tersebut, anda dapat mematuhi berbagai aturan yang berlaku.

Pemerintah Indonesia melalui Dinas Perhubungan melindungi pengguna jalan raya dengan menetapkan aturan mengenai batas maksimum berat kendaraan yang boleh melewati jalan tersebut. Dan setiap pelanggar akan terkena hukuman denda finansial yang cukup besar.

Untuk menghindari denda tersebut, pemilik kendaraan untuk bisnis usaha harus mengetahui nilai total berat kendaraan mereka agar tidak melebihi batas maksimum yang telah ditentukan. Cara mengetahui nilai total berat kendaraan tersebut adalah dengan menggunakan jembatan timbang yang memberikan solusi handal bagi anda untuk menghindari denda besar dan dapat mematuhi aturan yang berlaku.

Penimbangan di Dalam Atau di Luar Perusahaan

Salah satu hal pertama yang harus dipertimbangkan oleh pemilik bisnis usaha adalah apakah perusahaan anda bisa mendapatkan keuntungan dari jembatan timbang yang berada di lokasi dalam perusahaan anda atau menggunakan jembatan timbang di luar perusahaan anda.

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi keputusan ini adalah jumlah produk yang bersikulasi di perusahaan anda serta berapa sering perusahaan anda melakukan pengiriman atau penerimaan produk.

Jembatan Timbang di Dalam Perusahaan

Saat ini banyak bisnis usaha yang mengandalkan transportasi logistik produk dalam jumlah besar. Memiliki jembatan timbang di lokasi perusahaan sangat menguntungkan bagi berbagai perusahaan yang bergerak di sektor industri seperti pertambangan, kuari, daur ulang sampah, dan jenis bisnis usaha lainnya.

Hal ini disebabkan karena perusahaan di sektor industri tersebut sering mengangkut material dalam jumlah besar yang mendekati kapasitas maksimum kendaraan untuk meningkatkan efisiensi waktu dan finansial. Karena itu perusahaan-perusahaan ini membutuhkan jembatan timbang di lokasi untuk memastikan berat kendaraan angkut mereka tidak melebihi batas maksimum yang berlaku.

Jembatan Timbang di Luar Perusahaan

Jika perusahaan anda tidak perlu sering mengirimkan produk, atau jika kendaraan anda tidak mengangkut muatan dalam jumlah besar, anda bisa menggunakan jembatan timbang yang ada di luar perusahaan.

Jembatan timbang yang ada di luar perusahaan maksudnya adalah timbangan yang misalnya berada di pelabuhan, timbangan yang disewakan, timbangan di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan bermotor (UPPKB), dan sebagainya.

Tentunya harus diperhatikan juga biaya yang harus dikeluarkan setiap kali anda melakukan penimbangan di luar perusahaan. Tergantung dari jumlah pengiriman barang, biaya yang dikeluarkan untuk penimbangan di luar juga akan semakin menumpuk, belum lagi dihitung dengan biaya bahan bakar. Menggunakan timbangan di luar juga cukup memakan waktu untuk setiap perjalanan.

Kalau salah perhitungan, biaya yang anda keluarkan dalam satu tahun justru bisa melebihi biaya yang dikeluarkan untuk membeli satu unit timbangan truk baru. Karena itu sangat penting untuk menghitung dan mempertimbangkan biaya yang anda keluarkan untuk penimbangan di luar.

Jenis & Berat Kendaraan Anda

Jika anda memutuskan untuk memiliki jembatan timbang, maka timbangan yang anda pilih tentunya harus memiliki ukuran dan kapasitas berat yang sesuai dengan jenis dan kapasitas berat kendaraan yang akan anda timbang.

Timbangan dengan kapasitas 20 ton tentunya tidak dapat digunakan untuk menimbang truk dengan berat total 30 ton. Kendaraan dengan total panjang 8 meter tentunya tidak dapat digunakan pada timbangan dengan panjang 6 meter. Karena itu jembatan timbang harus sesuai dengan jenis kendaraan industri di perusahaan anda agar anda bisa meraih profit dari investasi tersebut.

Bagi perusahaan yang misalnya hanya menggunakan mobil pick-up tidak perlu menggunakan timbangan truk ukuran besar, cukup gunakan timbangan truck dengan kapasitas yang lebih kecil seperti 20-30 ton. Atau jika anda menggunakan truk gandeng, maka anda bisa menggunakan jembatan timbang dengan panjang hingga 21 meter tergantung panjang total kendaraan.

Jembatan Timbang Adalah Investasi Jangka Panjang

Jembatan timbang memiliki harga yang tidak murah, mulai dari puluhan hingga ratusan juta tergantung ukuran, kapasitas, dan kualitasnya. Meskipun demikian, anda harus ingat, jembatan timbang yang baik merupakan investasi jangka panjang yang dapat menurunkan biaya, memaksimalkan profit, dan melindungi anda dari denda selama kurang lebih 20 tahun lamanya.

Karena itu pastikan saat anda memilih merk jembatan timbang, pilih timbangan yang memiliki kualitas baik. Ingat, harga sesuai dengan kualitas. Harga yang murah tentu menarik perhatian anda, namun timbangan truk tersebut bisa memiliki harga yang murah karena menggunakan materi bahan dasar yang murah juga. Materi bahan dasar yang murah tentunya memiliki kualitas dan daya tahan di bawah standar. Timbangan seperti ini jangankan bisa bertahan selama 20 tahun, dalam satu dua tahun saja timbangan sudah bisa mulai bermasalah. Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki timbangan truk tentunya juga tidak murah.

Lakukan riset anda sebelum memilih perusahaan manufaktur jembatan timbang. Lihat website mereka, lihat referensi klien mereka, lihat portfolio mereka, cari pendapat konsumen mereka, namun yang paling penting anda juga memiliki pengetahuan yang cukup mengenai jembatan timbang sehingga tidak tertipu oleh kata-kata manis penjual.

Jembatan Timbang Gewinn merupakan perusahaan manufaktur timbangan truk ternama di Indonesia. Dengan lebih dari 1600 proyek pemasangan di berbagai wilayah Indonesia, Jembatan Timbang Gewinn telah dikenal sebagai merk jembatan timbang kualitas premium dengan review cemerlang.

Untuk informasi jembatan timbang jenis apa yang paling cocok untuk perusahaan anda, segera hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi gratis dari petugas berpengalaman kami.

 

You cannot copy content of this page
Open chat
WhatsApp