Cara & Proses Pemasangan Jembatan Timbang Gewinn

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Cara & Proses Pemasangan Jembatan Timbang Gewinn

Info 0

Apakah anda tertarik untuk membeli jembatan timbang, namun ingin mengetahui terlebih dahulu cara dan proses pemasangan jembatan timbang ? Apa saja proses kerja dalam instalasi timbangan truk ?

Memasang jembatan timbang baru mungkin tampak seperti proses yang rumit, lama, dan merepotkan. Tetapi Jembatan Timbang Gewinn telah memiliki 15 tahun lebih pengalaman dalam proses pemasangan timbangan truk di berbagai pelosok di Indonesia, sehingga memungkinkan kami untuk menyelesaikan proses konstruksi jembatan timbang secara cepat namun tetap memiliki hasil yang sangat memuaskan.

Setiap pemasangan timbangan memiliki kondisi dan tantangan yang berbeda, namun berdasarkan pengalaman kami ada beberapa point umum dalam proses instalasi jembatan timbang. Di bawah ini adalah beberapa dari tahapan cara dan proses pemasangan jembatan timbang pada umumnya:

Langkah 1: Memilih Jembatan Timbang Yang Tepat Untuk Kebutuhan Anda

Kami menyediakan jembatan timbang dengan jenis tipe yang berbeda-beda. Fungsi dari setiap jenis timbangan tersebut adalah sama untuk menimbang kendaraan, namun aplikasi penggunaannya dapat berbeda-beda tergantung dari kebutuhan anda. Jembatan timbang Gewinn dapat digunakan untuk verifikasi barang masuk, pencatatan inventori, memastikan penegakan hukum, menentukan harga produk, dan sebagainya.

Saat memilih jenis tipe jembatan timbang, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan:

  • Timbangan digunakan untuk apa
  • Biaya pembelian-pemasangan, dan perawatan jangka panjang
  • Kondisi lingkungan lokasi pemasangan jembatan timbang

Kami siap membantu anda dalam menentukan pilihan jembatan timbang yang paling cocok dengan kebutuhan dan situasi anda. Cukup dengan menghubungi kami melalui berbagai sarana media kontak yang kami sediakan dan dapatkan konsultasi gratis dari Customer Service berpengalaman kami.

Langkah 2: Persiapan di Lokasi Pemasangan

Seperti pada proyek konstruksi lainnya, rencana dan persiapan merupakan tahapan yang sangat penting untuk menyediakan kondisi yang baik saat proses pemasangan jembatan timbang. Persiapan yang baik juga akan menghindarkan anda dari berbagai masalah di kemudian hari. Persiapan di lokasi pemasangan jembatan timbang antara lain melingkupi proses pembersihan area pemasangan, penggalian tanah, perataan tanah, dan sebagainya.

Langkah 3: Konstruksi Pondasi & Persiapan Load Cell

Konstruksi pondasi jembatan timbang dan timbangan truk

Setelah proses persiapan selesai dilakukan, saatnya untuk memulai pemasangan pondasi. Pemasangan pondasi hanya dibutuhkan untuk timbangan truk yang menggunakan pondasi, apabila anda memilih jembatan timbang portable atau jembatan timbang frame bawah, maka tidak dibutuhkan konstruksi pondasi.

Pemasangan pondasi mungkin merupakan proses yang memakan waktu paling lama dalam tahapan pemasangan jembatan timbang. Hal ini dikarenakan kita harus menunggu semen beton yang digunakan agar benar-benar mengeras secara menyeluruh. Karena apabila jembatan timbang dipasang di atas pondasi yang tidak sepenuhnya kering, dapat mengakibatkan kerusakan platform timbangan dikemudian hari.

Selain itu, meskipun load cell tidak akan dipasang sebelum pemasangan modul dan platform timbangan, pada pemasangan pondasi juga akan dilakukan pemasangan dudukan load cell. Lokasi plat dudukan load cell akan berbeda-beda sesuai dengan tipe, ukuran, dan kapasitas timbangan, tapi proses pemasangan tetap sama.

Langkah 4: Penataan Modul & Platform Jembatan Timbang

spesifikasi jembatan timbang

Setelah pondasi selesai dan telah mengering, saatnya untuk melakukan penataan atau peletakan modul, batang, dan platform timbangan. Jembatan timbang merupakan perangkat yang tidak hanya sangat besar dan berat, namun juga cukup sensitif. Karena itu dalam proses penataan timbangan dibutuhkan alat berat dan tenaga ahli yang berpengalaman. Jembatan timbang Gewinn akan mengirimkan supervisor ke lokasi untuk memastikan penurunan dan penataan modul dan platform timbangan berjalan dengan baik. Sedangkan untuk tenaga kerja, anda dapat memilih untuk menggunakan tenaga kerja dari pihak anda atau dari pihak kami.

Langkah 5: Pemasangan & Pengencangan Baut

Setelah penataan timbangan selesai dilakukan, maka saatnya untuk menghubungkan setiap modul dan platform timbangan menggunakan baut. Baut yang kami gunakan adalah baut HTB (High Tensile Bolts) yang berupakan baut dari bahan baja yang didesain khusus untuk digunakan pada perangkat yang menghasilkan tekanan yang sangat tinggi.

Langkah 5: Pemasangan Stopper

tahap pemasangan stopper

Setiap kali kendaraan memasuki platform timbangan akan mengakibatkan getaran pada timbangan. Jembatan timbang harus diberikan ruang gerak kecil yang cukup agar dapat menerima getaran akibat kendaraan yang keluar masuk platform timbangan sehingga tidak cepat merusak load cell yang berada di bawah platform timbangan. Untuk itu di setiap 4 sudut timbangan akan dipasang kontrol stopper.

Langkah 6: Pemasangan Load Cell

pasang load cell

Setelah pemasangan platform dan stopper selesai dilakukan, saatnya untuk melakukan pemasangan load cell di atas dudukan load cell yang telah dibuat pada saat proses konstruksi pondasi sebelumnya. Load cell adalah perangkat elektronik yang sangat sensitif, karena itu pemasangan harus dilakukan secara berhati-hati oleh teknisi yang sudah memiliki pengalaman. Jumlah load cell yang dipasang pada satu timbangan tergantung dari ukuran dan kapasitas berat timbangan truk tersebut.

Langkah 7: Pemasangan & Penyambungan Kabel

tahap pemasangan kabel loadcell ke junction box

Data penimbangan dari load cell harus bisa dikirimkan ke indikator di pos operator timbangan. Karena itu setelah selesai pemasangan load cell, selanjutnya akan dilakukan penyambungan kabel. Dimana kabel-kabel dari load cell akan disambungkan ke satu komponen listrik di dalam junction box, dimana dari junction box kemudian akan disambungkan menuju indikator dan perangkat komputer di pos operator.

Pemasangan kabel di jembatan timbang Gewinn menggunakan sistem pemipaan, sehingga kabel tertutup oleh pipa untuk memastikan kabel tidak mudah putus akibat faktor luar, dan juga membantu meningkatkan keselamatan kerja. Pemasangan dan penyambungan kabel juga dapat disertai dengan pemasangan sistem grounding untuk melindungi jembatan timbang anda dari sambaran petir.

Langkah 8: Setting Pos Operator Timbangan

Pemasangan jembatan timbang sampai langkah 7 sudah bisa dianggap selesai. Selanjutnya kami akan melakukan setting di pos operator timbangan. Pos operator sebaiknya berada di dalam bangunan yang berada disisi atau dekat dengan timbangan. Jika anda tidak memiliki bangunan yang cocok, kami juga menyediakan pemasangan pos operator lengkap.

Pada pos operator, umumnya membutuhkan beberapa perangkat elektronik seperti:

  • Indikator timbangan yang memunculkan nilai hasil penimbangan
  • Komputer / laptop yang dengan program/ software jembatan timbang Gewinn
  • Printer untuk mencetak tiket, nota atau dokumen lainnya

Semua perangkat di atas dapat kami sediakan atau juga dapat menggunakan perangkat dari pihak anda.

Langkah 9: Uji Timbang, Kalibrasi & Tera Baru Jembatan Timbang

Setelah timbangan terpasang dan telah tersambung ke pos operator, saatnya dilakukan uji timbang untuk memastikan jembatan timbang berfungsi dengan baik, yang kemudian dilanjutkan dengan kalibrasi timbangan untuk memastikan timbangan tepat dan akurat. Dan akhirnya bekerjasama dengan balai metrologi Indonesia setempat, akan dilakukan proses tera baru untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan pakai jembatan timbang.

Setelah langkah-langkah di atas selesai dilaksanakan, jembatan timbang anda sudah siap beroperasi.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara dan proses pemasangan Jembatan Timbang Gewinn, silakan kunjungi atau hubungi kantor kami, atau kontak chat WhatsApp kami di nomor 0821-3963-0089 untuk mendapatkan konsultasi gratis.

 

You cannot copy content of this page
Open chat
WhatsApp