Jembatan Timbang Anti Petir Menggunakan Sistem Grounding

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Jembatan Timbang Anti Petir Menggunakan Sistem Grounding

Jembatan Timbang 0
jembatan timbang anti petir sistem grounding

Jembatan timbang anti petir Gewinn. Anda tidak perlu khawatir lagi akan petir menyambar timbangan truk anda pada saat cuaca memburuk.

Pada kesempatan kali ini, Jembatan Timbang Gewinn akan membahas mengenai sistem grounding anti petir pada timbangan truk. Petir, terutama pada musim hujan, merupakan musuh utama jembatan timbang. Petir yang menghantam langsung timbangan merupakan mimpi buruk bagi para pemilik timbangan. Karena petir dapat memberikan kerusakan fatal pada load cell dan peralatan lainnya yang terpasang pada timbangan mobil.

Konsekuensinya, pemilik timbangan kendaraan harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk memperbaiki jembatan timbang yang terkena sambaran petir. Itupun belum tentu dapat mengenyahkan efek samping dari sambaran petir terhadap peralatan timbangan mobil tersebut. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, anda harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal dasar mengenai timbangan truck dan sambaran petir.

TIMBANGAN TRUK VS PETIR

Pertama-tama, petir tidak harus langsung menyambar timbangan jembatan secara langsung untuk menghasilkan kerusakan. Hal ini dikarenakan sambaran petir dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengakibatkan kerusakan pada timbangan. Atau karena sambaran listrik mengenai benda yang dapat menjadi penghantar listrik yang tersambung pada timbangan jembatan anda.

Ada ucapan yang mengatakan bahwa listrik tidak akan jatuh pada tempat yang sama dua kali. Hal ini tidak benar. Listrik dapat menyambar area yang sama persis berkali-kali. Hal ini dapat terjadi karena area tersebut memiliki berbagai faktor yang membuat petir tertarik pada area tersebut. Jadi apabila jembatan timbang anda pernah tersambar petir sekali, belum tentu petir tidak akan menyambar untuk kedua kalinya.

JEMBATAN TIMBANG ANTI PETIR DENGAN SISTEM GROUNDING

Salah satu cara efektif dalam mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh sambaran petir pada jembatan timbang adalah dengan menggunakan teknik yang disebut sistem grounding anti petir. Sistem grounding secara mudah dapat dijelaskan, intinya adalah memasang batang logam panjang secara vertikal di mana satu bagian ujungnya ditanam ke dalam tanah. Dengan sistem grounding ini, ketika terjadi sambaran petir, petir akan jatuh pada batang logam tersebut dimana aliran listrik kemudian akan mengalir dan dinetralisir di dalam tanah.

Lalu logam apa yang digunakan pada batang logam ini ? Tembaga merupakan logam terbaik untuk sistem grounding ini. Namun menggunakan batang tembaga murni merupakan pilihan yang cukup mahal. Sebagai alternatif anda dapat menggunakan apa yang disebut dengan Pipa Galvanis dan Bare Copper. Resistan listrik dari kombinasi pipa galvanis dan bare copper ini sangat baik dan dapat bersaing dengan batang tembaga murni.

Kami dapat menyediakan sistem grounding anti petir ini pada jembatan timbang kami. Dengan sistem penangkal petir yang disediakan Gewinn, maka anda tidak perlu terlalu khawatir akan sambaran petir di musim hujan berat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai sistem grounding ini anda dapat menghubungi kami pada media kontak yang telah kami sediakan untuk mendapatkan konsultasi gratis dari petugas teknisi kami.

Rate This Post

 

 

Informasi harga jembatan timbang

 

Don`t copy text!