Bagaimana Cara Menjaga Akurasi Jembatan Timbang ? Kalibrasi Dan Tera Ulang

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Bagaimana Cara Menjaga Akurasi Jembatan Timbang ? Kalibrasi Dan Tera Ulang

Jembatan Timbang 0
kalibrasi jembatan timbang tera ulang load cell

Akurasi jembatan timbang merupakan faktor penting dalam proses produksi dan transaksi finansial untuk berbagai industri besar. Karena itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara menjaga akurasi jembatan timbang agar tetap akurat meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pada umumnya, kita dapat mengatakan bahwa jembatan timbang merupakan salah satu jenis timbangan besar. Dan seperti pada timbangan lainnya, akurasi merupakan faktor terpenting pada jembatan timbang. Untuk berbagai sektor industri di Indonesia, jembatan timbang merupakan satu-satunya metode pengawasan masuk bahan mentah dan output produk jadi, dengan memastikan beban muatan pada kendaraan dan melakukan transaksi finansial dengan pihak konsumen untuk produk mereka. Semua kegiatan ini membutuhkan jembatan timbang dengan akurasi tinggi dalam mengukur berat kendaraan dan muatannya.

Cara Menjaga Akurasi Jembatan Timbang

Untuk banyak bisnis di seluruh negeri, jembatan timbang adalah satu-satunya metode untuk memantau input produk vs output, memastikan kepatuhan kendaraan yang dimuat dan menagih pelanggan untuk produk mereka. Semua metode ini membutuhkan jembatan timbang untuk secara akurat mengukur berat kendaraan di atas.

Tanpa pengukuran akurat dari jembatan timbang, kendaraan tidak dapat ditimbang secara akurat. Dan jika hasil timbangan tidak akurat, hal ini akan memengaruhi bisnis anda dalam banyak hal seperti, pelanggan yang tidak puas, kehilangan peluang bisnis, bahkan hingga berbagai masalah hukum.

Sesuai pedoman pemerintah, kendaraan kargo bisnis harus mematuhi alasan keselamatan jalan tertentu. Bisnis dengan timbangan yang tidak akurat dapat mengakibatkan kendaraan memiliki berat muatan yang melebihi ketentuan berat yang telah ditentukan, sehingga dapat mengakibatkan denda dan kerugian finansial.

Misalnya, pada beberapa perusahaan pengelolaan limbah yang memerlukan pelacakan yang konstan dan banyak mengirimkan aliran produk baik ke dalam dan maupun keluar. Pengukuran berat yang tidak akurat pada perusahaan limbah tersebut dapat menyebabkan masalah yang tidak sederhana.

akurasi jembatan timbang sangat penting untuk kegiatan bisnis dan industri

Tanpa pengukuran akurat dari jembatan timbang, perusahaan dapat mengalami berbagai problem yang mempengaruhi operasional kerja. Bisnis yang mengandalkan pengukuran berat yang akurat untuk dalam melayani konsumen mereka, seperti pusat daur ulang atau perusahaan agregat, dapat memberikan laporan finansial yang tidak akurat kepada konsumen. Hal ini dapat mengakibatkan pelanggan yang tidak bahagia, kehilangan konsumen, bahkan hingga gugatan hukum. Atau kebalikannya, karena timbangan yang tidak akurat, anda secara tidak sengaja dapat memberikan produk dalam jumlah lebih besar daripada jumlah yang diperlukan, sehingga mengakibatkan kerugian yang tidak anda sadari. Problem yang manapun sangat tidak baik untuk anda.

Kendaraan kargo bisnis juga harus mematuhi bobot tertentu untuk alasan keselamatan jalan. Bisnis dengan timbangan yang tidak akurat dapat secara tidak sengaja mengirim kendaraan jauh dari lokasi dengan muatan yang kelebihan berat badan secara ilegal, menghasilkan denda untuk bisnis.

Bisnis lain, khususnya sektor pemerintah seperti pengelolaan limbah, diharuskan untuk terus-menerus mencatat dan menyerahkan aliran produk ke dalam dan keluar dari bisnis. Pengukuran yang tidak akurat dapat menyebabkan denda bisnis.

Anda dapat memastikan bahwa sistem penimbangan anda berfungsi secara akurat dengan memilih komponen yang sesuai dengan aplikasi anda dan mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan kekuatan lingkungan dan lainnya yang bekerja pada sistem. Artikel ini akan membahas berbagai faktor yang dapat memengaruhi akurasi sistem penimbangan dan memberikan saran bagaimana untuk memilih, memasang, dan mengoperasikan sistem untuk menangani faktor-faktor ini.

Penimbangan untuk mengukur jumlah bahan curah kering dan laju alir memiliki beberapa manfaat: Tidak seperti pengukuran volumetrik, penimbangan dapat mengukur kuantitas bahan tanpa faktor koreksi untuk kerapatan curah material. Penimbangan tidak memerlukan kontak dengan bahan, membuatnya cocok untuk mengukur bahan korosif dan beroperasi di lingkungan korosif. Ini juga merupakan cara yang diterima secara luas untuk mengukur produk dalam kemasan untuk dijual.

Sistem penimbangan dapat mengambil salah satu dari beberapa bentuk tetapi biasanya mencakup satu atau lebih load cell yang mendukung platform timbangan, kotak persimpangan, dan pengontrol berat. Ketika beban diterapkan ke platform penimbangan, sebagian dari beban ditransmisikan ke setiap load cell. Setiap load cell mengirimkan sinyal listrik yang proporsional dengan beban yang dirasakannya melalui kabel ke kotak persimpangan. Sinyal beban dijumlahkan dalam kotak persimpangan dan dikirim melalui satu kabel yang lebih besar ke pengontrol bobot, yang mengubah sinyal dijumlahkan menjadi pembacaan berat. Akurasi pembacaan berat ini dapat dipengaruhi oleh kualitas komponen sistem dan pemasangan serta pengoperasian sistem di lingkungan anda.

Untuk membantu anda memilih komponen sistem penimbangan berkualitas tinggi, sebaiknya anda memanfaatkan tenaga ahli dari pemasok jembatan timbang terpercaya. Bagian penting dari proses seleksi ini adalah menentukan bagaimana sistem akan diinstal dan faktor-faktor apa yang dapat memengaruhi operasinya begitu sistem itu berjalan dan berjalan di jalur proses produksi perusahaan anda.

Berbagai Faktor Yang Dapat Memengaruhi Akurasi Jembatan Timbang Anda

Tingkat Akurasi Load Cell Jembatan Timbang Anda

Memilih load cell berkualitas tinggi untuk sistem timbangan truk anda adalah langkah pertama dalam mendapatkan akurasi penimbangan tinggi. Load cell (juga disebut sensor beban atau transduser) adalah bagian dari logam mesin yang tertekuk dengan kekuatan mekanik beban dan mengubah kekuatan mekanik menjadi sinyal listrik. Tekukan tidak melebihi elastisitas logam dan diukur dengan pengukur regangan yang terikat pada titik-titik pada sel. Selama beban diterapkan ke tempat yang tepat pada sel beban, pengukur regangan memberikan sinyal listrik proporsional. Fungsi load cell tersebut membuat perangkat ini sangat penting artinya dalam tingkat akurasi penimbangan jembatan timbang anda.

Faktor Penimbangan Kendaraan Angkutan Pada Timbangan Truk

Pastikan bahwa beban yang ditimbang diterapkan secara merata ke setiap load cell di sistem timbangan truk anda seperti yang disarankan oleh ahli teknisi jembatan timbang. Beban yang diterapkan secara tidak benar, seperti beban memutar, menyebabkan pengukur regangan dalam sel mengalami regangan dan mengirimkan perubahan sinyal yang proporsional dengan puntiran daripada berat beban. Dan hal ini mengakibatkan nilai timbangan yang tertera menjadi tidak sesuai dengan nilai berat muatan sesungguhnya.

Pengaruh Dari Kondisi Lingkungan Sekitar Timbangan Truck Anda

Pastikan bahwa hanya beban berat kendaraan saja yang ditransmisikan ke setiap load cell. Pengaruh dari luar atau lingkungan sekitar timbangan seperti hembusan angin kencang, gerakan mendadak, getaran, perubahan suhu yang besar, dan perbedaan tekanan, dapat menghasilkan kesalahan nilai penimbangan.

Gangguan Transmisi Frekuensi Sinyal Yang Mempengaruhi Load Cell

Selain memastikan bahwa load cell hanya mengukur nilai beban yang diinginkan, anda juga harus memastikan bahwa pengontrol berat hanya mengukur sinyal listrik dari load cell. Berbagai sinyal transmisi atau frekuensi sinyal yang dapat mempengaruhi sinyal listrik dari load cell antara lain seperti sinyal frekuensi radio dan transmisi alat elektromekanis lainnya. Selain itu tingkat kelembaban dan perubahan suhu juga dapat mengakibatkan gangguan pada transmisi sinyal dari load cell jembatan timbang anda.

Kalibrasi Dan Tera Ulang Jembatan Timbang Anda Secara Rutin

Kalibrasi jembatan timbang adalah tugas penting yang harus dilakukan secara teratur. Kalibrasi jembatan timbang yang teratur dan profesional memastikan operasi penimbangan anda secara akurat dan tepat untuk semua alasan yang disebutkan di atas.

Kalibrasi jembatan timbang berarti menempatkan massa yang diketahui di jembatan timbang dan memastikan jembatan timbang itu membaca dengan benar dan akurat ke divisi terdekat. Kalibrasi dan tera ulang oleh teknisi berpengalaman merupakan satu-satunya cara untuk memastikan jembatan timbang anda selalu menimbang secara akurat.

Akhir kata, untuk menjaga akurasi jembatan timbang, maka anda harus melakukan kalibrasi tera ulang, dan apabila anda membutuhkan jasa kalibrasi dan tera ulang dengan ahli teknisi berpengalaman dan hasil berkualitas bergaransi, anda dapat menghubungi Jembatan Timbang Gewinn sekarang juga.

Rate This Post

 

 

Informasi harga jembatan timbang

 

Don`t copy text!