E-Tilang Untuk Memberantas Pungli Jembatan Timbang

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

E-Tilang Untuk Memberantas Pungli Jembatan Timbang

Jembatan Timbang 0
E-Tilang Untuk Memberantas Pungli Jembatan Timbang

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo bertemu langsung dengan perwakilan sopir truk se-Indonesia pada acara dialog santai yang diadakan di Istana Negara, Jakarta. Pada acara dialog tersebut, perwakilan supir truk menyampaikan keluhan akan masih maraknya praktik pungutan liar pada berbagai pos jembatan timbang di Indonesia.

Praktik pungli ini yang dilakukan oleh berbagai oknum petugas jembatan timbang tersebut masih belum dapat diberantas sampai tuntas. Hal ini sangat mengecewakan, terutama pada saat ini di mana Pemerintah tengah berupaya meningkatkan daya saing logistik di Indonesia dengan melakukan berbagai pembangunan infrastruktur transportasi.

Karena itu, untuk menindaklanjuti keluhan tersebut, Kementrian Perhubungan akan berkoordinasi dengan tim Saber Pungli untuk membersihkan aksi tidak bertanggungjawab tersebut. Selain itu, Kemenhub juga akan menggandeng pihak swasta dalam pengelolaan jembatan timbang di Indonesia.

Sedangkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, menjamin dengan sistem jembatan timbang yang saat ini digunakan, kecil sekali kemungkinan terjadinya pungutan liar.

Salah satu sistem yang digunakan adalah dengan memberlakukan e-Tilang kepada para pelanggar batas berat maksimum kendaraan. Pemberlakuan e-Tilang ini akan membuat tidak ada lagi pengemudi yang harus membayar denda secara langsung kepada petugas jembatan timbang.

Sistem ini membuat pengemudi yang melakukan pelanggaran harus melakukan pembayaran denda dengan cara menggunakan ATM, setor rekening bank, mesin EDC, atau transfer antar bank. Jadi tidak ada lagi transaksi langsung dengan petugas di tempat.

Tidak hanya e-Tilang, namun juga akan dipergunakan pihak ketiga pada jembatan timbang Pemerintah yang aktif. Saat ini ada 11 jembatan timbang, namun direncanakan jumlah tersebut akan meningkat hingga angka 43 jembatan timbang pada Agustus 2018.

Petugas dari pihak ketiga tersebut akan melakukan registrasi dan pendataan kendaraan berdasarkan STNK/SIM, pendataan surat jalan, pemeriksaan muatan barang, pemeriksaan Surat Tanda Uji Kendaraan, pemeriksaan layak jalan kendaraan, penimbangan kendaraan angkutan barang, dan pembuatan formulir pelanggaran.

Kemenhub juga akan memasang kamera pengawas di berbagai terminal jembatan timbang agar dapat memantau secara langsung kegiatan petugas.

Sedangkan untuk timbangan truk berkualitas, berpengalaman, bergaransi, anda dapat menghubungi Jembatan Timbang Gewinn. Dapatkan berbagai penawaran harga jembatan timbang promo sekarang juga.

Rate This Post

 

Informasi harga jembatan timbang

Don`t copy text!