Mengapa Kalibrasi Timbangan Dapat Menghemat Uang Anda?

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Mengapa Kalibrasi Timbangan Dapat Menghemat Uang Anda?

Info 0

Ketika bisnis usaha atau operasi industri Anda bergantung pada penggunaan sistem timbangan secara rutin, seperti jembatan timbang, maka sangat penting untuk memastikan timbangan tersebut seakurat mungkin. Idealnya, meskipun Anda sudah memiliki timbangan selama beberapa tahun, tapi timbangan tersebut masih beroperasi seperti baru setiap harinya.

Tapi seperti perangkat mesin lainnya, ada berbagai alasan mengapa timbangan truk yang paling andal pun tetap bisa mulai kehilangan tingkat akurasinya dan memerlukan layanan penyesuaian profesional. Proses penyesuaian ini disebut dengan nama kalibrasi, dan mengetahui kapan dan mengapa timbangan Anda memerlukan kalibrasi akan membantu Anda mempertahankan timbangan seakurat mungkin untuk tahun-tahun mendatang.

Bisnis usaha yang menggunakan jembatan timbang atau jenis timbangan lainnya perlu memastikan bahwa peralatan tersebut akurat dan dapat diandalkan. Mengukur bahan dan bahan adalah salah satu elemen terpenting dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi yang disukai pelanggan, sehingga akurasi adalah kuncinya. Bisnis usaha dapat menjamin keakuratan ini melalui kalibrasi timbangan.

Kalibrasi timbangan memiliki banyak manfaat bagi bisnis usaha. Memastikan timbangan Anda akurat dan terkalibrasi juga akan menghemat uang bisnis Anda dalam jangka panjang.

Apa Itu Kalibrasi Timbangan?

Kalibrasi timbangan merupakan proses yang digunakan untuk menentukan apakah timbangan masih memberikan hasil yang akurat saat digunakan untuk penimbangan. Kalibrasi adalah suatu proses yang digunakan untuk mengetahui keakuratan suatu sistem, dalam hal ini sistem timbangan, yang menentukan hubungan antara dua kuantitas yang tidak diketahui.

Agar proses ini dapat berjalan, salah satu dari kuantitas ini harus bertindak sebagai kontrol dan bertindak sebagai kuantitas yang diketahui. Anak timbang kalibrasi yang digunakan dalam proses ini sebelumnya telah diukur pada perangkat timbangan yang akurat, dan kemudian dibandingkan dengan timbangan Anda sendiri dalam keadaan serupa.

Apabila terdapat perbedaan antara nilai berat dari anak timbang yang telah diketahui dengan nilai berat yang tercatat pada timbangan yang sedang dikalibrasi, maka timbangan tersebut perlu dikalibrasi.

BACA  Berapa Ukuran Panjang & Lebar Jembatan Timbang Yang Anda Butuhkan?

Manfaat Kalibrasi Timbangan Bagi Bisnis Usaha

Kalibrasi timbangan sangat bermanfaat bagi bisnis usaha dan pemilik bisnis dalam banyak hal. Terutama ketika penimbangan merupakan bagian integral dari bisnis Anda. Beberapa manfaat kalibrasi timbangan bagi bisnis antara lain seperti:

Mengurangi Pemborosan, Meningkatkan Profit

Pada tahap penimbangan di lini produksi Anda, sangat penting bagi pekerja Anda untuk dapat menggunakan jumlah material yang tepat. Pengukuran yang salah dapat menyebabkan penggunaan stok yang tidak konsisten dan dapat mengakibatkan kegagalan produk.

Akibatnya, bisnis Anda menghasilkan lebih banyak sampah, yang pada akhirnya perlu disimpan hingga dapat ditangani oleh penyedia pengelolaan sampah Anda. Semakin banyak sampah berarti semakin sering pengumpulan sampah dan biaya yang lebih tinggi untuk melakukannya.

Kalibrasi timbangan Anda secara rutin akan menghasilkan penggunaan stok material bahan baku yang lebih baik dan lebih sedikit produk yang rusak, yang berarti lebih sedikit limbah. Lebih sedikit limbah berarti penghematan ruang untuk menyimpannya dan biaya yang mungkin dikeluarkan, serta penghematan biaya untuk membayar perusahaan pengelolaan limbah Anda.

Memuaskan Konsumen Sehingga Meningkatkan Bisnis

Seperti yang baru saja kami ulas di atas, pengukuran nilai berat yang salah yang disebabkan oleh timbangan yang tidak dapat diandalkan dapat mengakibatkan produk gagal. Namun bagaimana jika, alih-alih membuang produk gagal, karena takut rugi, produk gagal tersebut malah langsung dikirimkan ke pelanggan Anda?

Jika pelanggan menerima produk yang rusak, atau menerima kumpulan produk yang tidak konsisten, hal itu akan memberi mereka pengalaman negatif terhadap bisnis Anda. Awalnya Anda mungkin dikenakan biaya pengembalian dana atau penggantian produk yang Anda kirim, namun seiring berjalannya waktu Anda mungkin kehilangan bisnis dengan mereka atau calon pelanggan lainnya karena pengalaman tersebut.

BACA  Umur Jembatan Timbang Sampai 25 Tahun ? Ini Caranya

Peralatan penimbangan yang dirawat dengan baik dan terkalibrasi dengan rutin akan menghilangkan resiko terjadinya pengalaman negatif tersebut, dan sebaliknya, akan memastikan produk berkualitas tinggi secara konsisten menjangkau pelanggan. Ini berarti pelanggan akan lebih puas dengan layanan Anda dan pada gilirannya akan kembali membeli dari Anda.

Tidak Perlu Mengganti Timbangan Lama Anda Yang Masih Baik

Sebagai komponen utama proses produksi, timbangan akan digunakan setiap hari. Seiring berjalannya waktu, hal ini akan menyebabkan keausan sehingga menyebabkan timbangan mulai kehilangan keandalan dan tingkat akurasinya.

Beberapa pemilik bisnis mungkin melihat timbangan yang tidak dapat diandalkan tersebut dan berpikir bahwa timbangan tersebut rusak dan perlu diganti, sehingga mengeluarkan uang untuk menghadirkan timbangan baru yang mungkin akan segera mengalami kerusakan yang sama. Kenyataannya, timbangan tersebut bisa saja hanya membutuhkan kalibrasi saja agar dapat kembali ke kondisi semula dengan penimbangan yang akurat dan andal.

Memastikan timbangan Anda dikalibrasi secara rutin dapat membantu Anda menghindari pengeluaran yang tidak perlu untuk membeli timbangan baru yang mungkin sebenarnya tidak diperlukan.

Kapan Anda Harus Melakukan Kalibrasi Timbangan?

Ada banyak skenario umum yang memerlukan penggunaan layanan kalibrasi timbangan. Namun yang harus diingat, kalibrasi harus dilakukan pada sistem timbangan Anda saat Anda memasang timbangan baru. Sebelum Anda menggunakan timbangan tersebut untuk tujuan komersial atau industri, melakukan kalibrasi timbangan secara profesional akan menjamin Anda memulai dengan pengukuran yang akurat.

Selain harus melakukan kalibrasi pada timbangan baru, Anda juga sebaiknya melakukan kalibrasi pada beberapa situasi seperti di bawah ini:

  1. Ketika ada modifikasi, penambahan fitur, atau perbaikan yang dilakukan pada timbangan.
  2. Sebelum melakukan penimbangan yang sangat penting artinya bagi perusahaan Anda.
  3. Langsung setelah melakukan penimbangan penting tersebut.
  4. Ketika timbangan mengalami guncangan, kerusakan, atau kejadian yang berpotensi merusak timbangan yang dapat berdampak buruk pada kinerja timbangan.
  5. Sebagai bagian dari pemeliharaan rutin timbangan.
BACA  Timbangan Truk Thunder, Jembatan Timbang Harga Ekonomis Terjangkau Platform Beton

Jasa Kalibrasi Jembatan Timbang & Timbangan Industri Terbaik di Indonesia

Jembatan Timbang Gewinn menyediakan jasa tera ulang jembatan timbang dan kalibrasi timbangan truk untuk segala model dan merk. Kami mampu mengkalibrasi berbagai macam timbangan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Petugas teknisi lapangan kami telah terlatih dan berpengalaman selama bertahun-tahun dalam melayani permintaan kalibrasi dan tera ulang berbagai macam timbangan truck. Jasa tera ulang timbangan truk dan kalibrasi jembatan timbang kami dijamin dapat memberikan anda sertifikat tera ulang dari Badan Metrologi Indonesia.

Jembatan Timbang Gewinn menyediakan servis pelayanan jasa kalibrasi ulang jembatan timbang untuk membantu perusahaan di berbagai sektor industri dan bisnis usaha dalam upaya menaikkan kredibilitas di mata konsumen.

Kami menyediakan layanan jasa kalibrasi ulang timbangan truk, jasa kalibrasi ulang jembatan timbang dan jasa kalibrasi ulang timbangan digital lainnya. Service kami dapat mencakup berbagai macam jenis timbangan digital dan alat ukur, seperti jembatan timbang, timbangan truk, timbangan duduk, timbangan lantai, timbangan checkweigher, dan masih banyak lagi.

Sebagai perusahaan manufaktur jual jembatan timbang, kami menggunakan teknisi ahli specialist berpengalaman yang sudah terbiasa bekerjasama dengan petugas lapangan dari badan metrologi Indonesia untuk mengkalibrasi ulang jembatan timbang, kemudian ditest oleh petugas metrologi untuk memenuhi kebutuhan legal timbangan.

Bagi anda yang mencari jasa kalibrasi jembatan timbang atau kalibrasi timbangan industri lainnya yang terpercaya dan profesional, maka anda telah datang di tempat yang tepat. Jika anda membutuhkan service kami atau hanya sekadar bertanya mengenai jasa kalibrasi timbangan truk kami, anda dapat menghubungi kami melalui sarana kontak yang telah kami sediakan di website ini. Atau hubungi telepon kantor (021) 8914 0689. Chat WhatsApp 0812 9704 0289.

 

You cannot copy content of this page
Open chat
WhatsApp