Menjawab Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Jembatan Timbang

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Menjawab Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Jembatan Timbang

Info 0

Jembatan Timbang Gewinn telah menyediakan jembatan timbang atau timbangan truk untuk konsumen sejak tahun 2006. Selama itu, kami telah menerima dan menjawab banyak pertanyaan mengenai jembatan timbang. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan kepada kami. Jika Anda ingin tahu lebih jelas mengenai informasi jembatan timbang atau timbangan truk kami, Anda dapat menghubungi Gewinn di nomor 0821-3963-0089, tanya jawab gratis.

Apa itu jembatan timbang?

Jembatan timbang adalah timbangan industri yang mampu menimbang truk dalam berbagai berat dan ukuran. Kegunaan jembatan timbang yang paling umum adalah untuk menentukan berat material yang dibeli dan dijual dalam jumlah seukuran muatan truk. Informasi dari timbangan tersebut merupakan bagian penting dalam transaksi finansial antar perusahaan. Timbangan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kerugian pada pembeli maupun penjual. Kementerian Perhubungan menggunakan jembatan timbang untuk memastikan truk tetap berada di dalam batas berat kendaraan yang melaju di jalan raya. Timbangan truk juga digunakan untuk memantau jumlah masuk dan keluar di beberapa fasilitas, seperti tempat pembuangan akhir atau tempat pengolahan sampah, lokasi konstruksi dan sebagainya.

Berapa panjang jembatan timbang?

Pada situasi yang mengharuskan Anda menimbang seluruh truk, jembatan timbang Anda harus cukup panjang untuk menampung semua roda truk terpanjang yang ingin Anda timbang. Contohnya timbangan dengan panjang minimal 4,8 hingga 6 meter untuk truk 6 roda, 18 hingga 24 meter untuk truk semi trailer, dan hingga 30 meter untuk truk gandeng. Panjang maksimum keseluruhan truk di jalan raya biasanya diatur oleh otoritas pemerintah setempat.

Apa yang dimaksud dengan load cell?

Load cell adalah perangkat sensor yang digunakan untuk mengukur berat pada platform timbangan. Perangkat ini merupakan bagian terpenting dari setiap timbangan truk. Umumnya jembatan timbang memerlukan 6 hingga 12 load cell tergantung dari ukuran dan kapasitas berat timbangan. Semua load cell tersebut harus bekerja bersamaan dengan sempurna untuk dapat memberikan pembacaan berat yang akurat.

Bagaimana cara kerja jembatan timbang?

Ada beberapa komponen utama yang harus bekerja sama agar jembatan timbang dapat berfungsi dengan baik. Pertama adalah pondasi terutama untuk pemasangan timbangan permanen harus menggunakan pondasi beton. Kedua adalah dek atau platform timbangan yang merupakan struktur permukaan dimana truk masuk dan ditimbang. Platform jembatan timbang biasanya terdiri dari bagian-bagian modular yang ditempatkan bersama-sama untuk menjangkau panjang timbangan yang diinginkan. Ketiga adalah load cell yang merupakan sensor yang mengukur berat pada timbangan. Selanjutnya adalah indikator yang merupakan terminal panel kendali untuk timbangan. Indikator ini akan menampilkan nilai hasil penimbangan kepada operator, dan sering kali berfungsi sebagai titik koneksi jika Anda menggunakan lebih dari 1 timbangan. Dan terakhir adalah kabel yang dapat mengirimkan sinyal dari load cell ke indikator.

BACA  PT. Cargill

Apa perbedaan antara jembatan timbang platform beton dan baja?

Timbangan platform baja dan beton memberikan kinerja penimbangan yang sama karena keduanya dibuat dengan spesifikasi desain yang sama. Namun, ada beberapa perbedaan yang dapat membuat satu jenis platform lebih menguntungkan untuk kebutuhan Anda. Timbangan truk paltform baja memiliki waktu pemasangan yang lebih cepat dan bobotnya lebih ringan. Timbangan platform beton memiliki waktu pemasangan yang lebih lama, karena beton harus mengeras dalam waktu yang ditentukan. Timbangan ini juga jauh lebih berat. Meskipun demikian, timbangan platform beton memiliki traksi yang lebih baik dibandingkan platform baja yang bisa licin saat basah. Pemeliharaan, masa pakai, dan total biaya pemasangan untuk kedua timbangan ini hampir sama. Pemilik bisnis harus menentukan timbangan yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apa itu junction box?

Junction box atau juga disebut dengan nama kotak persimpangan digunakan pada timbangan dengan load cell analog dan load cell digital. Kotak persimpangan menggabungkan sinyal dari beberapa load cell dan kemudian mengirimkan sinyal-sinyal tersebut yang telah dijumlahkan. Biasanya timbangan truk yang menggunakan load cell analog akan memiliki 2 hingga 4 kotak sambungan.

Apa perbedaan antara timbangan rata tanah dan timbangan atas tanah?

Timbangan rata tanah dipasang di atas penggalian pondasi dimana permukaan platform penimbangan rata dengan tanah di sekitarnya. Kedalaman lubang pondasi bervariasi sesuai kebutuhan namun dapat mempengaruhi kemudahan perawatan dari petugas servis timbangan. Jembatan timbang atas tanah, sesuai namanya, dipasang di atas permukaan tanah dan memiliki profil ketinggian sekitar 28 hingga 51 sentimeter di atas permukaan tanah. Timbangan ini seringkali memiliki satu atau dua tanjakan untuk keluar masuk kendaraan. Meskipun pilihan antara instalasi timbangan rata tanah dan atas tanah sering kali didasarkan pada pilihan pembeli, ada beberapa kondisi yang mungkin memerlukan penggunaan timbangan rata tanah misalnya apabila tidak ada cukup ruang, jika ada batasan ketinggian, atau jika ada alasan keamanan jika ada kemungkinan truk jatuh ke samping. Memilih timbangan rata tanah dan atas tanah harus spesifik sesuai dengan kebutuhan pembeli.

BACA  Jembatan Timbang Gewinn Tetap Aman Saat Gempa Bumi

Bagaimana cara ganti atau upgrade jembatan timbang?

Mengganti jembatan timbang adalah solusi mahal yang mungkin tidak diperlukan jika load cell timbangan Anda rusak. Ketika timbangan truk, terutama yang relatif baru, sering berhenti bekerja, masalahnya sering kali dapat ditelusuri ke beberapa bagian sistem seperti load cell, kabel, konektor, atau kotak sambungan. Mengganti komponen-komponen ini dengan perangkat yang lebih baik adalah cara yang hemat biaya untuk memperbaiki atau mengupgrade timbangan yang bermasalah menjadi timbangan yang berperforma lebih baik daripada timbangan baru.

Seberapa akurat jembatan timbang?

Keakuratan timbangan truk dapat dengan mudah dianggap remeh. Namun, jika Anda membeli atau menjual barang dengan menggunakan jembatan timbang, keakuratan sangat penting dalam transaksi Anda. Keakuratan timbangan dapat mempengaruhi margin keuntungan, tingkat persediaan dan manajemen kualitas. Besarnya toleransi keakuratan hukum untuk timbangan Anda bergantung pada standar dan peraturan yang berlaku. Toleransi tersebut merupakan fungsi dari kapasitas timbangan yang digunakan dan besarnya kenaikan penimbangan timbangan. Jembatan Timbang Gewinn menyediakan jembatan timbang dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Bagaimana cara melindungi jembatan timbang dari petir?

Sebagian besar penyedia jembatan timbang menawarkan sistem penimbangan dengan berbagai fitur grounding. Sistem grounding satu titik dengan pelindung lonjakan arus dapat menjadi garis pertahanan pertama untuk timbangan dan rumah timbangan. Sistem ini menawarkan tingkat perlindungan tertentu. Sistem pertahanan lainnya datang dari load cell. Load cell dengan kualitas tinggi memiliki sistem perlindungan yang secara aktif mengalihkan sambaran petir dari terminal dan telah diuji keefektifannya.

BACA  PT. Arjuna

Berapa lama umur jembatan timbang?

Kebanyakan timbangan truk diperkirakan akan bertahan 10 hingga 20 tahun, namun masa pakainya bergantung pada beberapa faktor. Pertama, memilih timbangan yang sesuai dan produsen dengan kualitas terbaik akan menyiapkan timbangan Anda untuk masa pakai yang panjang. Ada perbedaan besar dalam kualitas produksi yang harus dipertimbangkan saat membeli jembatan timbang. Faktor lingkungan dan volume pemakaian juga berperan. Timbangan yang menimbang 100 truk per hari akan lebih cepat aus dibandingkan timbangan yang hanya menimbang 10 truk per hari. Jembatan Timbang Gewinn memproduksi jembatan timbang yang dapat digunakan hingga 25 tahun dengan perawatan rutin. Banyak timbangan dari pesaing kami yang hanya mampu digunakan selama sepuluh tahun atau kurang. Pastikan Anda mempertimbangkan kinerja yang telah terbukti saat membeli jembatan timbang.

Berapa sering harus melakukan kalibrasi jembatan timbang?

Sebagian besar penimbangan untuk perdagangan di Indonesia memerlukan timbangan untuk mendapatkan sertifikasi tera dari otoritas pemerintah pada interval tertentu (setiap tahun atau setiap 6 bulan). Faktor lain yang harus dipertimbangkan ketika menentukan seberapa sering kalibrasi akan dilakukan adalah berapa banyak truk per hari yang akan ditimbang pada timbangan. Tuntutan volume penimbangan yang besar sering kali menyebabkan keakuratan timbangan lebih cepat melampaui tingkat toleransi; menempatkan bisnis pada risiko kehilangan keuntungan tambahan. Jika jembatan timbang Anda memiliki volume penimbangan yang tinggi setiap harinya, Anda harus mempertimbangkan untuk sering melakukan kalibrasi timbangan. Selainitu, faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi kebutuhan kalibrasi jembatan timbang. Ketika suhu berfluktuasi, struktur timbangan dapat mengembang dan berkontraksi. Kondisi yang seringkali tidak terlihat ini akan berdampak buruk pada kalibrasi timbangan. Jika Anda merasa jembatan timbang Anda tidak lagi akurat, segera hubungi perusahaan supplier timbangan Anda.

 

You cannot copy content of this page
Open chat
WhatsApp