Pondasi Jembatan Timbang

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Pondasi Jembatan Timbang

Jembatan Timbang 0
pondasi jembatan timbang

Seperti pada konstruksi bangunan, jembatan timbang juga menggunakan pondasi. Dan seperti pada pondasi bangunan, pondasi jembatan timbang juga dapat menentukan umur dan daya tahan timbangan. Karena itu pondasi pada timbangan truk memiliki peran yang sangat penting.

Pondasi jembatan timbang merupakan bagian paling bawah timbangan yang menerima seluruh beban berat mulai dari load cell, frame timbangan, dan kendaraan angkut beserta dengan muatannya. Karena itu pondasi yang tidak benar dapat mengakibatkan berbagai macam kesalahan nilai penimbangan dan bahkan dapat mempercepat tingkat kerusakan pada timbangan truk.

Memilih Pondasi Jembatan Timbang

Pondasi yang buruk dapat mengakibatkan timbangan truk sebagus apapun tidak dapat memberikan performa yang memuaskan. Karena itu sebelum melakukan konstruksi pondasi, perlu dipertimbangkan banyak faktor. Beberapa dari banyak faktor tersebut antara lain seperti tingkat kemiringan permukaan tanah, kondisi dan tipe tanah pada lokasi pemasangan, lokasi juga harus bersih dari sisa-sisa konstruksi sebelumnya.

Pondasi juga harus dibangun sesuai dengan jenis timbangan truk. Apabila pondasi tidak dibangun dengan baik, timbangan yang berada diatasnya dapat mengalami kesalahan kalibrasi penimbangan.  Selain itu juga harus diperhatikan jenis semen beton yang digunakan saat membangun pondasi. Hal ini dikarenakan semen beton yang berbeda memiliki waktu pengeringan yang berbeda pula.

Pada dasarnya, ada dua macam jenis pondasi jembatan timbang, yaitu untuk timbangan rata tanah atau untuk timbangan atas tanah. Timbangan rata tanah tidak membutuhkan luas lokasi yang besar dibandingkan dengan timbangan atas tanah, namun timbangan rata tanah membutuhkan pembangunan saluran air yang benar sehingga terhindar dari resiko karat atau korosi akibat genangan air yang terkumpul di lubang bawah tanah timbangan.

Ada berbagai macam desain pondasi timbangan truk yang tersedia tergantung berbagai faktor seperti lokasi, jenis dan kondisi tanah, luas tanah, tekanan, dan masih banyak lagi faktor lainnya yang menjadi bahan pertimbangan dalam memilih jenis desain pondasi. Anda dapat bekerjasama dengan Jembatan Timbang Gewinn dalam menentukan desain pondasi jembatan timbang yang paling tepat untuk anda.

Kami dapat menggunakan tenaga kerja sipil yang telah memiliki banyak pengalaman dalam pembangunan pondasi jembatan timbang. Namun apabila anda memilih menggunakan tenaga kerja sipil dari pihak anda sendiri, kami juga memiliki ahli teknisi berpengalaman yang dapat memimpin proyek pembangunan jembatan timbang dari awal hingga akhir dan membimbing tenaga kerja anda agar konstruksi timbangan berjalan dengan lancar.

Untuk informasi lengkap mengenai pondasi jembatan timbang apa yang cocok untuk kebutuhan anda, segera hubungi Jembatan Timbang Gewinn sekarang juga. Kami juga dapat mengirimkan petugas lapangan kami ke lokasi anda untuk bertatap muka secara langsung dan melakukan survei lapangan di lokasi.

 

Don`t copy text!