Tips Cara Mengamankan Jembatan Timbang Anda

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Tips Cara Mengamankan Jembatan Timbang Anda

Jembatan Timbang 0
Tips Cara Mengamankan Jembatan Timbang Anda

Cek beberapa tips untuk mengamankan jembatan timbang anda supaya bebas dari kerugian yang diakibatkan kecelakaan di lokasi timbangan.

Faktor keamanan merupakan salah satu prioritas yang harus anda utamakan dalam proses konstruksi atau pemasangan timbangan truck. Terutama jika timbangan akan digunakan pada lokasi di lingkungan kerja ekstrim. Misalnya pada area tambang mineral atau tambang kuari dan sebagainya.

Kecelakaan pada lingkungan kerja tersebut dapat mengakibatkan kerugian keuangan yang tidak sedikit. Pada skenario terburuk bahkan dapat mengakibatkan korban jiwa. Karena itu anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalkan peluang terjadinya kecelakaan kerja tersebut.

Misalnya pada area tambang, dimana timbangan truck seringkali menjadi area yang rutin dilalui kendaraan angkut berat. terutama pada jam sibuk, area timbangan akan menjadi tempat yang penuh dengan kendaraan besar.

Jadi faktor keamanan apa saja yang harus anda perhatikan pada proses konstruksi pemasangan timbangan truck ? Berikut ini beberapa tips dari Jembatan Timbang Gewinn yang bisa anda gunakan.

Tips Keamanan Lokasi Jembatan Timbang

  1. Perhatikan jalur masuk dan keluar area penimbangan. Pastikan jalur sederhana dengan belokan yang sesedikit mungkin. Lalu letakkan penanda yang jelas, sehingga pengemudi truk dapat mengikuti petunjuk yang tepat. Gunakan gerbang pembatas buka tutup atau lampu signal penanda apabila ada potensi terjadi antrean kendaraan. Gunakan pula CCTV jika perlu untuk mengawasi arus kendaraan dan keamanan pengendara.
  2. Jika dirasa perlu, gunakan 2 unit timbangan truk untuk jalur keluar masuk. Dengan adanya 2 unit timbangan, anda dapat mengurangi kesibukan tiap unit timbangan serta mengurangi kepadatan trafik kendaraan sehingga antrean menjadi berkurang.
  3. Pastikan lokasi pemasangan timbangan berada di tempat dimana tidak ada resiko banyaknya pejalan kaki di sekitar timbangan.
  4. Gunakan sistem penimbangan dimana pengemudi kendaraan tidak perlu keluar dari kendaraan saat melakukan proses penimbangan. isalnya dengan membangun pos operator timbangan tepat disebelah timbangan sehingga pengemudi dapat berkomunikasi langsung hanya dengan menurunkan jendela.
  5. Namun kadang kala dalam situasi tertentu, pengemudi tetap harus turun dari kendaraan. Jika demikian sediakan area yang aman bagi pengemudi untuk turun dari truk. Misalnya dengan menggunakan timbangan truk yang lebar sehingga tersedia cukup ruang bagi pengemudi untuk membuka dan menutup pintu dengan leluasa.
  6. Terakhir, gunakan pegangan tangan atau handrail dan pembatas pada jalur pejalan kaki di sekitar timbangan. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan dan perawatan rutin sehingga tidak ada kotoran atau cairan yang dapat mengakibatkan seseorang terpeleset dan terjatuh.

Anda masih membutuhkan informasi lebih jelas mengenai berbagai tips keamanan jembatan timbang ini ? Segera hubungi Jembatan Timbang Gewinn dan dapatkan konsultasi mengenai berbagai macam langkah yang bisa anda lakukan untuk mengamankan lokasi timbangan truk anda.

Rate This Post

 

 

Informasi harga jembatan timbang

 

Don`t copy text!