Cara Mengenali & Melacak Kerusakan Jembatan Timbang

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Cara Mengenali & Melacak Kerusakan Jembatan Timbang

Info 0

Jembatan timbang merupakan investasi jangka panjang. Timbangan dengan kualitas bagus dapat digunakan selama puluhan tahun dengan perawatan yang benar. Namun seperti peralatan digital lainnya, setelah digunakan dalam jangka waktu lama, timbangan truk juga dapat mengalami kerusakan yang diakibatkan berbagai macam faktor.

Seringkali operator jembatan timbang tidak menyadari adanya kerusakan atau gangguan pada timbangan, dan kemudian ketika pada akhirnya operator merasa timbangan tidak berjalan mulus, mereka tidak tahu bagian timbangan truk mana yang mengalami gangguan kerusakan.

Pada artikel kali ini, Jembatan Timbang Gewinn akan memberikan beberapa tips cara mengenali dan melacak kerusakan pada jembatan timbang anda.

Jenis Kerusakan Jembatan Timbang

Pertama-tama, mari kita bahas kerusakan atau gangguan apa saja yang paling umum dan sering ditemukan pada jembatan timbang:

  1. Load cell mengalami kerusakan
    Load cell merupakan bagian jembatan timbang yang paling penting dan juga paling sensitif. Apabila load cell mengalami kerusakan maka timbangan truk tidak akan dapat digunakan. Kerusakan pada load cell ini biasanya diakibatkan karena terlalu sering menimbang di atas batas maksimum kapasitas berat, gangguan arus listrik tegangan tinggi, tergenang air, dan lain-lain.
  2. Kerusakan pada platform timbangan
    Platform timbangan truk meskipun terbuat dari bahan besi baja, apabila tidak terawat dengan baik, juga dapat mengalami kerusakan misalnya akibat karat, atau karena tertabrak kendaraan yang melintas di atas platform timbangan. Dan apabila anda membeli jembatan timbang dengan harga murah dan kualitas buruk, platform timbangan juga dapat mengalami pembengkokan karena kualitas materi bahan baku yang tidak sesuai standar.
  3. Timbangan tidak seimbang
    Keseimbangan platform timbangan atau biasa disebut dengan leveling, sangat penting dalam proses penimbangan. Apabila jembatan timbang anda tidak seimbang, maka saat menimbang, load cell di setiap posisi akan menerima sinyal nilai berat yang berbeda-beda. Hal ini diakibatkan satu load cell menerima beban yang yang lebih berat ketimbang load cell lainnya. Skenario terburuk, load cell tersebut dapat mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh overload.
  4. Kerusakan pada komputer operator
    Kadang gangguan kerusakan tidak terjadi pada load cell atau platform timbangan, melainkan pada komputer yang tersambung dengan jembatan timbang. Kerusakan dapat terjadi pada hardware komputer, software yang digunakan, atau pada jaringan kabel yang tersambung pada komputer.

Cara Melacak Kerusakan Jembatan Timbang

Setelah kita mengetahui kerusakan apa saja yang umum dialami jembatan timbang, berikut adalah beberapa cara melacak kerusakan pada timbangan truk anda:

  1. Pemeriksaan melalui indikator
    Nyalakan perangkat listrik yang tersambung pada jembatan timbang termasuk komputer dan indikator timbangan. Tunggu beberapa saat sampai semua perangkat stabil, kemudian periksa apakah nilai pada indikator stabil di angka nol, atau berubah-ubah setiap saat. Jika nilai terus berubah-ubah berarti kemungkinan ada masalah pada jembatan timbang.
  2. Lakukan uji test beban timbangan
    Lakukan pengujian test beban di bagian awal, tengah, dan akhir timbangan. Lakukan test ini beberapa kali, dan lihat nilai selisih hasil pengujian di setiap posisi. Nilai selisih yang terlalu besar dapat menandakan adanya permasalahan pada keseimbangan timbangan atau pada load cell timbangan.
  3. Periksa platform timbangan
    Meskipun ukurannya besar dan berat, pemasangan platform jembatan timbang yang benar harus bisa bergoyang sedikit secara mendatar. Apabila platform tidak bisa bergoyang, maka anda dapat memeriksa stopper timbangan pada setiap ujung jembatan timbang. Jangan sampai ada stopper yang terkunci atau menempel di tembok pondasi. Jika stopper normal, maka periksa apakah ada kumpulan air dalam jumlah besar di bawah platform timbangan. Tergantung dari level ketinggian air, hal ini dapat mempengaruhi platform timbangan. Paling baik apabila tidak ada penumpukan air sama sekali di bawah platform. Terakhir, periksa kondisi fisik load cell timbangan apakah ada kerusakan yang terlihat atau apakah ada kotoran yang menumpuk di load cell.
  4. Periksa sambungan kabel
    Buka tutup junction box pada timbangan, periksa apakah sambungan kabel di junction box telah tersambung dengan benar, atau apakah ada kabel yang terlepas, atau kotoran yang menempel di junction box. Lalu periksa sambungan kabel dari jembatan timbang ke indikator, kabel grounding, dan kabel-kabel sambungan lainnya yang menghubungkan timbangan truk ke komputer atau perangkat tambahan lainnya.

Sekian beberapa tips cara mengenali dan melacak kerusakan jembatan timbang. Apabila anda masih mengalami kesulitan dalam mengindentifikasi kerusakan pada timbangan anda, anda dapat menghubungi jasa service perbaikan Jembatan Timbang Gewinn. Kami memiliki tim respon cepat yang dapat segera datang ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan, perbaikan, dan kalibrasi timbangan truk untuk segala merk. Hubungi 0821 3963 0089 untuk respon cepat.

 

You cannot copy content of this page
Open chat
WhatsApp