SOLAS, VGM, Pelabuhan Dan Jembatan Timbang

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

SOLAS, VGM, Pelabuhan Dan Jembatan Timbang

Jembatan Timbang 0
solas vgm jembatan timbang

Apa itu SOLAS, VGM, dan apa kaitannya dengan pelabuhan dan jembatan timbang ?

Berikut ini pembahasan singkat mengenai SOLAS (Safety Of Life At Sea) dan VGM (Verified Gross Mass).

SOLAS adalah berbagai peraturan mengenai keamanan di laut. Setiap peraturan SOLAS merupakan hukum internasional yang wajib ditaati. Peraturan SOLAS termasuk aturan konstruksi kapal dan peralatannya, perlindungan dari api, perlengkapan keamanan, perlengkapan komunikasi, dan berbagai aturan mengenai aspek keamanan pada kapal laut.

SOLAS yang merupakan kependekan dari Safety of Life at Sea (keamanan hidup di laut), adalah kompilasi peraturan hukum internasional mengenai keamanan lalu lintas laut yang telah dibuat sejak tahun 1974 dan terus ditambahkan atau diubah sesuai dengan kemajuan jaman.

VGM atau Verified Gross Mass adalah dokumen yang menyatakan berat kotor dari sebuah kontainer yang hendak diangkut ke dalam kapal laut. VGM harus menyertai semua macam dan jenis kontainer yang dimasukkan ke kapal.Sebelum kontainer masuk kapal, dokumen VGM tersebut harus diserahkan kepada operator pelabuhan atau kapal.

Pengirim memegang tanggung jawab dalam menyediakan data VGM ini. Meski demikian, pengirim diperbolehkan menggunakan pihak ketiga dalam melakukan penimbangan.

Penimbangan dapat dilakukan sekaligus maupun secara terpisah. Sekaligus artinya truk pengangkut, kontainer, dan produk ditimbang secara sekaligus. Biasanya proses ini menggunakan jembatan timbang. Secara terpisah artinya produk ditimbang secara terpisah baru kemudian ditambahkan berat kontainer. Metode ini dapat menggunakan berbagai macam timbangan digital seperti contohnya timbangan lantai dan timbangan hand pallet.

BACA  Load Cell

Jika pengirim tidak menaati peraturan SOLAS VGM ini, maka pengirim dapat menerima denda atau penalti lainnya tergantung peraturan Pemerintah Indonesia. Dan tanpa data VGM, produk anda tidak dapat diangkut ke dalam kapal, bahkan bisa jadi kontainer tidak dapat memasuki atau disimpan di terminal pelabuhan.

Untuk mendapatkan berbagai peralatan timbangan digital yang dapat digunakan untuk mendapatkan dokumen SOLAS VGM, TIMBANGAN DIGITAL GEWINN menyediakan berbagai macam timbangan tersebut.

Jembatan timbang, timbangan truck, timbangan axle portable, timbangan lantai, timbangan hand pallet, timbangan drum lifting, timbangan gantung, dan timbangan-timbangan digital lainnya dapat digunakan pada berbagai aplikasi atau metode penimbangan yang digunakan.

Dengan menggunakan timbangan digital Gewinn, anda dapat memperoleh hasil data untuk dokumentasi SOLAS VGM yang akurat.

Safety of Life at Sea SOLAS Verified Gross Mass VGM. Informasi langkah-langkah prosedur yang harus diterapkan di semua pelabuhan di Indonesia menggunakan jembatan timbang.

SOLAS VGM kini merupakan peraturan hukum internasional yang telah dimulai diterapkan sejak 1 Juli 2016.

BACA  Beli Timbangan Truk Murah

Apa saja peraturan-peraturan SOLAS VGM tersebut ?

Pertama, sebelum kontainer berisi produk dapat dimasukkan ke dalam kapal laut di pelabuhan, berat kontainer tersebut sudah harus ditimbang. Untuk suatu kontainer diizinkan ke atas kapal, harus ada verifikasi berat kotor (VGM).

Kedua, isi kotainer harus disertai dengan nilai berat yang akurat, menggunakan penimbangan jembatan timbang, timbangan axle portable, atau alat timbangan digital lainnya. Tidak diijinkan hanya memperkirakan berat, namun harus merupakan berat sesungguhnya.

Ketiga. Ada dua metode yang diijinkan dalam peraturan SOLAS VGM ini, yaitu penimbangan produk bersama kontainer sekaligus dan penimbangan hanya produk dalam kontainer saja yang kemudian ditambahkan dengan berat bersih kontainer.

Metode pertama dapat menggunakan jembatan timbang atau timbangan truck, sedangkan metode kedua dapat menggunakan timbangan digital lainnya seperti timbangan lantai, timbangan hand pallet, dan sebagainya.

Pengirim kontainer dapat menggunakan jasa pihak ketiga dalam penimbangan berat. Namun tanggung jawab VGM (verivikasi berat kotor) tetap berada di tangan pengirim.

Pemerintah di setiap negara dapat menentukan sendiri berat toleran maksimum. Namun pengirim harus tetap wajib memberikan verifikasi berat hasil penimbangan. Pemerintah juga dapat memberikan peraturan tambahan yang harus ditaati oleh semua pihak.

BACA  Kebutuhan Timbangan Truck Pada Sektor Industri Tambang

Penimbangan juga dapat dilakukan di pelabuhan menggunakan jembatan timbang atau timbangan digital lainnya yang disediakan oleh pengelola atau operator pelabuhan. Peraturan mengenai penimbangan di pelabuhan ini dapat diatur dalam kebijakan masing-masing terminal pelabuhan.

Jembatan Timbang Gewinn merupakan provider dan supplier jembatan timbang yang cocok digunakan pada proses penimbangan SOLAS VGM. Dengan tingkat keakuratan tinggi, kuat tahan lama, dan harga murah bergaransi, Jembatan Timbang Gewinn merupakan timbangan truk kualitas premium nomor satu di Indonesia. Informasi lengkap mengenai produk kami bisa anda dapatkan dengan menghubungi kami pada media kontak yang telah kami sediakan.

Rate This Post

 

 

Informasi harga jembatan timbang

 

Don`t copy text!