Faktor Apa Saja Yang Memengaruhi Harga Jembatan Timbang?

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Faktor Apa Saja Yang Memengaruhi Harga Jembatan Timbang?

Info 0

Saat berinvestasi pada jembatan timbang untuk bisnis usaha, kita sangat mudah terjebak dalam label harga. Dalam memilih jembatan timbang dengan harga yang bervariasi, penting untuk selalu ingat bahwa membeli jembatan timbang merupakan investasi jangka panjang. Jika Anda mau meluangkan waktu untuk mempertimbangkan investasi pada jembatan timbang yang tepat dan pada titik harga yang tepat, nilai pengembalian investasi akan menjadi lebih tinggi.

Penelitian yang buruk atau tidak memperhitungkan biaya berkelanjutan dapat memengaruhi kemampuan bisnis Anda untuk menghasilkan laba bersih atas investasi Anda, atau secara signifikan menunda tanggal saat Anda benar-benar melihat pengembalian positif. Selain itu, gagal berinvestasi pada jembatan timbang yang tepat akan berdampak pada kapasitas operasional, kebutuhan peralatan, dan biaya pemeliharaan di masa mendatang, yang semuanya dapat memengaruhi penghasilan Anda.

Dari desain hingga pondasi, ada banyak faktor berbeda yang memengaruhi harga jembatan timbang. Untuk membantu Anda memilih timbangan yang tepat, berikut ini adalah beberapa faktor utama yang memengaruhi harga jembatan timbang dan apa yang perlu Anda pertimbangkan dalam proses pembelian timbangan.

Panjang & Lebar Jembatan Timbang

Ukuran timbangan yang lebih besar bukan berarti lebih baik dalam hal harga jembatan timbang. Seperti yang telah Anda ketahui, semakin panjang dan lebar jembatan timbang, maka akan semakin mahal harganya. Hal ini dikarenakan oleh semua baja ekstra yang masuk ke timbangan yang lebih besar.

Semakin panjang timbangan, itu juga berarti akan ada lebih banyak modul timbangan yang digunakan dan oleh karena itu lebih banyak load cell yang dipasang. Dari segi biaya, timbangan dengan ukuran besar tidak hanya mendorong kenaikan harga timbangan tetapi juga biaya pengiriman.

Jenis Material Platform: Besi Baja Atau Beton

Apakah Anda memilih jembatan timbang dengan platform besi baja atau platform beton juga akan memengaruhi harga timbangan. Platform baja lebih mahal di muka. Jembatan timbang platform beton lebih murah di awal.

BACA  PT. Baramutiara Prima

Biaya pemasangan jembatan timbang platform baja lebih rendah daripada timbangan beton. Timbangan platform baja diproduksi di luar lokasi, kemudian diangkut ke lokasi timbangan untuk dipasang di tempatnya. Timbangan dapat segera dikalibrasi dan digunakan dengan sedikit penundaan.

Sedangkan jembatan timbang platform beton memiliki proses pemasangan yang lebih lama dan lebih mahal. Jembatan timbang jenis ini membutuhkan pondasi beton untuk dituangkan, biasanya oleh kontraktor pihak ketiga yang memerlukan biaya dan waktu tambahan untuk koordinasi.

Namun jembatan timbang beton secara signifikan lebih berat daripada jembatan timbang baja. Hal ini meningkatkan distribusi beban timbangan dan kemampuan menahan gaya dan tekanan penggunaan sehari-hari. Dengan demikian, jembatan timbang beton cenderung memiliki masa pakai 5-7 tahun lebih lama dibandingkan jembatan timbang besi baja.

Berapa Banyak Baja Yang Digunakan

Berapa banyak baja yang digunakan pada jembatan timbang juga akan mendorong harga. Banyak penjual jembatan timbang akan menunjukkan jumlah baja yang mereka gunakan dalam timbangan mereka. Hal ini dikarenakan jumlah baja dalam timbangan merupakan indikator yang bagus untuk kualitas jembatan timbang.

Semua jembatan timbang yang memiliki reputasi baik dari produsen terbesar teratas di Indonesia menggunakan muatan baja dalam timbangan mereka. Yang Anda harus hati-hati adalah mereka yang menjual jembatan timbang buatan luar negeri yang murah dengan baja minimal. Seringkali jembatan timbang impor ini hanya memiliki setengah kandungan baja dari timbangan yang baik. Jangan terkecoh dengan jembatan timbang murah ini, timbangan ini tidak akan bertahan lama dan sering kali akan mengalami berbagai macam kerusakan tidak berapa lama setelah dipasang.

BACA  Timbangan Pabrik Pakan Ternak

Kualitas Mempengaruhi Harga Jembatan Timbang

Kualitas dari tingkat keahlian produsen juga berkontribusi pada integritas jembatan timbang. Membeli dari perusahaan yang memiliki spesialisasi manufaktur memastikan bahwa ada tim yang sangat terampil di setiap produksi jembatan timbang.

Tingkat keahlian manufaktur pada perusahaan timbangan sama pentingnya dengan kualitas komponen yang membentuk jembatan timbang. Perusahaan yang meluangkan waktu untuk mencari load cell, baja, kabel, dan komponen lain berkualitas tinggi sering kali memiliki produk jembatan timbang dengan kualitas yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan penjual perantara.

Besarnya Biaya Proses Pemasangan

Proses pemasangan juga dapat memengaruhi harga akhir jembatan timbang.

Di luar pemasangan pondasi beton, juga ada biaya yang terkait dengan penggalian, pembongkaran, dan pemosisian timbangan, pemasangan komponen dan aksesori elektronik, serta biaya kalibrasi awal. Kondisi dan lokasi tempat kerja semuanya akan berdampak pada kemudahan pemasangan, dan dengan demikian, biaya pemasangan.

Yang tidak boleh diabaikan adalah sebisa mungkin jembatan timbang Anda harus dipasang atau dipantau oleh ahli pemasangan jembatan timbang yang berpengalaman. Biaya pemasangan akan jauh lebih rendah dalam jangka panjang daripada biaya masalah, kerusakan atau bahkan kecelakaan kerja yang disebabkan oleh pemasangan yang buruk.

Kondisi Lingkungan Jembatan Timbang

Jangan lupa untuk mempertimbangkan lingkungan Anda saat memilih timbangan dan memprediksi masa pakai serta biaya berkelanjutan yang diperlukan. Di luar proses pemasangan, lingkungan dan kondisi kerja tempat timbangan Anda akan beroperasi dapat memengaruhi biaya dalam jangka panjang.

Semakin banyak terkena paparan terhadap elemen ekstrem, seperti cuaca yang tidak bersahabat atau bahan kimia korosif, jembatan timbang Anda akan membutuhkan lebih banyak perawatan dan juga pertimbangkan umur timbangan yang kemungkinan akan lebih pendek.

BACA  PT. Arjuna

Biaya Perawatan & Kalibrasi

Perawatan dan kalibrasi jembatan timbang merupakan metode pengeluaran dan penghematan biaya. Timbangan dengan kualitas lebih rendah atau timbangan yang beroperasi dalam kondisi yang lebih sulit akan membutuhkan perawatan yang lebih sering untuk memastikan akurasi dan keandalannya.

Kesalahan umum yang seringkali dilakukan oleh pemilik jembatan timbang adalah dengan mengabaikan perawatan dan kalibrasi atau hanya memiliki budget sedikit untuk biaya perawatan dan kalibrasi ini, tetapi pikirkan apa yang akan terjadi jika Anda tidak melakukan perawatan dan kalibrasi yang benar?

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Biaya pemeliharaan dan layanan kalibrasi akan jauh lebih rendah dalam jangka panjang daripada biaya yang terkait dengan perbaikan dan waktu henti yang tidak terduga, kehilangan pendapatan karena pengukuran yang tidak akurat, denda untuk truk yang kelebihan berat badan, dan masa pakai jembatan timbang yang lebih pendek daripada timbangan yang dipelihara dengan baik.


Membeli jembatan timbang dengan harga yang sesuai budget namun tetap memiliki kualitas terbaik memang bukan hal yang mudah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Silakan gunakan panduan di atas ini untuk mempertimbangkan semua pertimbangan yang diperlukan sehingga Anda dapat memilih jembatan timbang yang terbaik untuk sistem operasi dan keuntungan perusahaan Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam memilih jembatan timbang yang paling cocok untuk kondisi dan kebutuhan Anda, silakan hubungi kami sekarang juga, dan dapatkan jembatan timbang dengan harga dan kualitas terbaik. Ada potongan harga hingga 20% menanti Anda.

 

You cannot copy content of this page
Open chat
WhatsApp