Mengapa Melakukan Kalibrasi Timbangan Dan Tera Timbangan ?

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Mengapa Melakukan Kalibrasi Timbangan Dan Tera Timbangan ?

Timbangan Digital 0
tera ulang timbangan kalibrasi timbangan digital dan jembatan timbang

Jembatan Timbang Gewinn menyediakan jasa kalibrasi timbangan digital dan timbangan truk untuk mendapatkan sertifikat tera ulang timbangan dari Badan Metrologi Indonesia.

Pemerintah mewajibkan setiap timbangan yang berkaitan langsung dengan transaksi keuangan, harus memiliki sertifikat tera ulang dari Badan Metrologi.

Mengapa ? Bayangkan ketika anda membeli suatu produk yang dihitung nilai nominalnya per ukuran 1 kilogram. Namun timbangan digital yang digunakan memiliki selisih penyelewengan sebesar 0,1 kilogram.

Tidak banyak bukan ? Tapi bagaimana jika anda membeli produk tersebut dalam jumlah besar? Jika berat sebetulnya adalah 100 kilogram, namun karena timbangan digital tidak berfungsi dengan benar maka akan ada total selisih berat sebesar 10 kilogram.

Sebenarnya anda hanya perlu membayar sebesar 100 kilogram, namun karena selisih tersebut anda jadi harus membayar untuk 110 kilogram. Anda dirugikan membayar lebih sebesar 10 kilogram.

Sebaliknya, misalnya jika anda menjual suatu produk dalam jumlah besar, namun timbangan digital anda memiliki selisih penyelewengan sebesar -0,1 kilogram.

Pada skenario yang sama, dimana anda seharusnya menerima pembayaran untuk 100 kilogram. Namun karena selisih -0.1 kilogram tersebut, anda hanya menerima pembayaran untuk 90 kilogram. Total anda mengalami kerugian sebesar 10 kilogram.

Bayangkan jika timbangan tersebut digunakan pada transaksi yang sangat besar nilai nominalnya.

Untuk mencegah hal yang dapat merugikan ke dua belah pihak, baik penjual maupun pembeli tersebut. Maka setiap timbangan digital yang digunakan dalam transaksi keuangan diwajibkan menjalani proses kalibrasi timbangan secara berkala.

Yang dimaksud dengan kalibrasi ulang adalah memastikan timbangan digital berada pada kondisi baik dan beroperasi sesuai dengan standar. Dan yang paling penting adalah tingkat keakuratan timbangan tersebut.

Setelah timbangan menjalani proses kalibrasi ulang, maka Badan Metrologi dapat memberikan sertifikat tera ulang pada timbangan tersebut. Sertifikat tera ulang ini sebagai bukti bahwa timbangan digital tersebut layak digunakan dalam transaksi keuangan.

Karena itu pada saat anda melakukan suatu transaksi menggunakan timbangan digital, baik timbangan lantai, timbangan checkweigher, timbangan truck, dan sebagainya. pastikan pada timbangan tersebut tertempel sticker bukti tera ulang dari Badan Metrologi.

Jembatan Timbang  menyediakan jasa kalibrasi ulang timbangan digital dan jembatan timbang untuk mendapatkan sertifikat tera ulang timbangan anda.

Rate This Post

 

 

Informasi harga jembatan timbang

 

Don`t copy text!