Umur Jembatan Timbang Sampai 25 Tahun ? Ini Caranya

Jembatan Timbang No. 1 Di Indonesia

Umur Jembatan Timbang Sampai 25 Tahun ? Ini Caranya

Info 0

Jembatan timbang atau timbangan truk dari Jembatan Timbang Gewinn dapat digunakan hingga umur 25 tahun dengan penggunaan dan perawatan yang tepat. Tentunya angka tersebut dapat naik turun tergantung dari pemakaian dan berbagai faktor lainnya. Tapi mengapa kami dapat menentukan umur timbangan kami bisa mencapai 25 tahun ? Dan bagaimana cara memperpanjang umur jembatan timbang ? Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa tips untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Cara Menentukan Umur Jembatan Timbang

Jembatan Timbang Gewinn sebagai perusahaan manufaktur jembatan timbang, memiliki produk timbangan truk yang dapat digunakan hingga 25 tahun dengan penggunaan standar, misalnya melakukan penimbangan untuk sekitar 200 kendaraan setiap harinya. Umur jembatan timbang tentunya dapat berfluktuasi naik atau turun apabila pemakaian timbangan lebih banyak atau lebih sedikit dari angka 200 tersebut. Namun 25 tahun untuk umur jembatan timbang dari Gewinn merupakan perkiraan rata-rata yang sesuai.

Tapi bagaimana cara kami menentukan rata-rata umur jembatan timbang kami ? Ada beberapa metode yang kami gunakan:

  1. Simulasi dan testing
    Kami memulai manufaktur jembatan timbang dari proses desain dengan menggunakan program simulasi komputer. Setelah desain lulus berbagai persyaratan di dalam program simulasi, kami melakukan testing analisa ketahanan elemen. Test ini dilakukan dengan cara melakukan simulasi titik stress pada desain timbangan truk untuk mencari apakah ada titik lemah pada desain timbangan sebelum menuju ke proses produksi. Jika tidak tidak ada titik lemah yang ditemukan, desain akan diteruskan ke bagian produksi.
  2. Uji coba fisik
    Banyak perusahaan manufaktur jembatan timbang yang melewati proses uji coba fisik ini karena cukup rumit serta memakan waktu dan biaya. Namun Jembatan Timbang Gewinn tetap melakukan uji coba ini, karena dari uji coba fisik dapat ditemukan ketidaksempurnaan kecil dari desain timbangan. Ketidaksempurnaan tersebut tidak dapat dideteksi menggunakan simulasi komputer.
  3. Data dan masukan langsung
    Metode lainnya yang kami gunakan adalah dengan mendapatkan masukan langsung dari pengguna jembatan timbang Gewinn. Dari data dan masukan langsung pengguna lama tersebut, kami dapat terus menyempurnakan produk timbangan truk kami.

Cara Memperpanjang Umur Jembatan Timbang

Ada beberapa metode yang dapat anda lakukan secara rutin untuk memperpanjang umur jembatan timbang anda. Memahami mengapa dan bagaimana melakukan metode-metode ini sejak awal dapat menambah beberapa tahun kepada umur timbangan truk anda. Beberapa metode tersebut adalah:

  1. Bersihkan timbangan anda
    Timbangan truk seringkali digunakan di lokasi dengan kondisi lingkungan yang tidak bersahabat. Karena itu timbangan seringkali terkena debu, pasir, lumpur, oli mesin, dan zat materi korosif lainnya. Pemilik atau operator jembatan timbang harus membersihkan timbangan secara rutin setidaknya sekali setiap satu minggu. Cara membersihkan timbangan juga cukup dengan menggunakan selang air pembersih standar. Hanya saja, hati-hati saat membersihkan load cell, pastikan load cell yang terpasang pada timbangan truk anda memiliki perlindungan anti air.
  2. Atur arus lalu lintas
    Pemilik atau operator jembatan timbang harus mengatur arus trafik atau arus lalu lintas kendaraan yang menggunakan timbangan untuk memperpanjang umur timbangan truk. Gunakan gerbang palang, tanda sinyal, atau lampu sinyal agar truk dapat memasuki platform timbangan satu persatu dan memastikan truk berhenti total di atas platform timbangan. Selain itu pastikan supir truk tidak melakukan pengereman mendadak di atas platform timbangan, karena hal ini dapat menimbulkan gelombang kejut yang mempengaruhi kinerja load cell. Meskipun jembatan timbang kami didesain agar dapat beroperasi di kondisi buruk seperti apapun, namun pemakaian yang tidak benar secara terus menerus dapat mengakibatkan umur jembatan timbang menjadi berkurang.
  3. Memiliki pengetahuan jembatan timbang yang cukup
    Pemilik atau operator timbangan yang memiliki pengetahuan cukup tentang jembangan timbang dapat memperpanjang umur timbangan. Mengetahui bagaimana timbangan berfungsi atau bagian mana yang sensitif dan rentan gangguan dapat membantu anda menemukan gangguan kecil pada timbangan dan memperbaikinya sebelum gangguan kecil tersebut mengakibatkan kerusakan besar.
  4. Lakukan perawatan dan kalibrasi timbangan secara rutin
    Banyak perusahaan manufaktur timbangan truk yang memiliki layanan jasa perawatan, perbaikan, dan kalibrasi. Gunakan jasa tersebut secara rutin, agar teknisi dapat memeriksa kondisi timbangan anda dan memberikan masukan atau rekomendasi kepada anda. Pemeriksaan dan kalibrasi ini dapat membantu anda mendeteksi kerusakan kecil sebelum menjadi masalah yang lebih besar.
  5. Pilih jembatan timbang berkualitas
    Cara awal yang paling mudah untuk memperpanjang umur jembatan timbang adalah dengan memilih merk jembatan timbang yang berkualitas. Harga jembatan timbang yang jauh lebih murah tentunya memiliki kualitas yang jauh lebih buruk pula. Sebelum membeli jembatan timbang, lakukan penelitian terhadap perusahaan manufaktur tersebut terlebih dahulu atau cari informasi dari para pemilik jembatan timbang. Anda juga sebaiknya bertanya sebanyak mungkin kepada pihak manufaktur sebelum memutuskan untuk membeli jembatan timbang.

Demikian beberapa informasi dan tips cara memperpanjang umur jembatan timbang anda. Jika anda tertarik dengan jembatan timbang kami yang dapat digunakan hingga 25 tahun, segera hubungi Jembatan Timbang Gewinn sekarang juga dan dapatkan konsultasi gratis serta penawaran promo potongan harga hingga 20%.

 

You cannot copy content of this page
Open chat
WhatsApp